Dok. Foto: Elders Elettrico
0
228

Vespa Listrik Garapan Indonesia Tampil di Vespa World Day 2023 di Swiss

Vespa listrik garapan Indonesia, yakni PT Roda Elektrik Asia atau yang dikenal juga sebagai Elders Garage, ikut meramaikan ajang Vespa World Day 2023. Ajang ini sendiri berlangsung di Interlaken, Swiss, dari 15 hingga 18 Juni 2023.

Karya dari Elders Garage ini juga mendapat apresiasi dari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Budi Karya mengapresiasi inisiatif dari Elders Garage yang berkolaborasi dengan Motorindo, diler vespa terbesar di Swiss.

Berkat kolaborasi tersebut, skuter listrik limited edition bertanda tangan sejumlah menteri Indonesia ini berhasil dibawa ke Swiss.

“Kreativitas dari para pelaku UKM yang ada di Indonesia, seperti Elders Garage ini luar biasa. Apabila ini menjadi satu keahlian maka nilai tambah yang diperoleh luar biasa tinggi sekali. Saya pikir produknya untuk dijual di Indonesia saja, ternyata juga ekspansi untuk ekspor ke Eropa, jadi patut kita dukung penuh,” kata Budi dalam keterangan resminya, Selasa, 6 Juni 2023.

Budi juga berharap apa yang dilakukan Elders Garage bisa menjadi inspirasi bagi UKM lainnya di bidang otomotif. Yakni soal bisa bekerja sama dengan industri yang lebih besar untuk memproduksi produk mereka lebih banyak.

Jika diproduksi lebih banyak, harapannya harga jualnya pun lebih murah sehingga akan lebih banyak diminati masyarakat.

Vespa listrik yang dibawa ke Swiss tersebut merupakan modifikasi dari vespa tahun 1960-an. Vespa yang dimodifikasi tersebut merupakan tipe VNB atau lebih sering disebut sebagai Vespa Cepuk.

Elders Garage membangun Vespa listrik hasil konversi tersebut sebelum berangkat ke Eropa.

Vespa tersebut diproduksi tahun 1960an dengan warna putih. Ada bendera Swiss di tepong kiri dan bendera Indonesia di tepong kanan.