Motor Yamaha MX King
Motor Yamaha MX King
0
1540

Yamaha Rilis MX King 2023 Baru, Apakah Irit Bahan Bakar?

Hadirnya MX King 2023 baru ini cukup menyita perhatian para pecinta motor Indonesia. Pasalnya, motor Yamaha MX King 2023 ini memiliki desain kekinian, performa yang mumpuni, dan irit bahan bakar..

Walaupun saat ini para pemotor sudah banyak yang bergeser dari motor bebek ke motor matic, tapi MX King tidak pernah kehilangan penggemarnya. Lalu bagaimana kelebihan dari MX King 2023 baru ini? 

Apakah sesuai ekspektasi para penggemarnya atau tidak?

 

Source video: Youtube channel ZetDeka Room

Baca juga Yamaha MX King 150 Kembali Menyandang Best of Cub 150

 

Kelebihan MX King 2023 Baru 

Motor Yamaha MX King 2023 yang datang ke Indonesia ini memiliki mesin bertenaga 150cc. Berikut adalah beberapa kelebihan yang ada pada motor MX King terbaru ini:

1. Sudah Menggunakan Ban Tubeless

Sama seperti motor-motor baru yang lainnya, MX King 2023 juga dibekali dengan ban tubeless sehingga memudahkan pengguna dalam berkendara. Ban ini merupakan jenis ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam sehingga relatif lebih aman ketika ada masalah kebocoran ban dibandingkan ban biasa.

Motor ini mengusung ban tubeless yang lebar di kelasnya serta dilengkapi dengan desain velg ring 17 inch sehingga membuat tampilan MX King menjadi lebih sporty.

 

2. Harga yang Cukup Terjangkau

Harga dari motor Yamaha MX King 2023 ini bervariasi tergantung versi dan warna yang dipilih. Range harga untuk motor ini adalah Rp 24.000.000,00 hingga Rp 26.000.000,00.

Harga terendah dari MX King 2023 bisa didapatkan dengan variasi yang standar. Lalu untuk harga tertingginya Gilmoters bisa mendapatkan motor MX King dengan MotoGP edition.

 

3. Sudah Menggunakan Sistem Pembakaran Fuel Injection

Foto: Yamaha

Fuel injection merupakan sistem penyemprotan bahan bakar yang cara kerjanya dilakukan secara elektronik. Fungsi dari fuel injection sendiri adalah untuk memastikan proses pengolahan bahan bakar pada motor dapat berjalan dengan sempurna.

Sistem fuel injection memanfaatkan campuran antara bahan bakar dan udara yang ada pada kendaraan bermotor sehingga menghasilkan pembakaran yang sempurna. Motor ini memiliki teknologi fuel injection dengan 1 injector dan forged piston & diasil cylinder yang dapat memberikan performa secara optimal.

 

4. Speedometer yang Sudah Digital

Foto: Yamaha

Motor keluaran Yamaha terbaru ini sudah menggunakan speedometer yang full digital. Semua informasi sudah dikemas dengan modern dan juga lengkap sesuai kebutuhan dari penggunanya.

5. Fitur yang Mumpuni

Berbicara mengenai fitur-fitur dari motor ini sudah tidak perlu diragukan lagi karena sangat modern dan canggih. Gilmoters akan dimanjakan dengan suspensi monoshock yang ada di bagian belakang dan pijakan kaki untuk pengendara yang bisa dilipat sehingga membuat nyaman dalam bermanuver dan cornering.

Mesinnya sendiri menggunakan tipe mesin liquid cooled 4-stroke SOHC 1 silinder yang berkapasitas 150cc untuk Jupiter MX King standar. Untuk masalah pengereman, MX King ini memiliki double disk brake yang dapat memaksimalkan pengereman serta kenyamanan dalam berkendara.

 

6. Desain Motor yang Sporty, Stylish, dan Modern

MX King 2023 baru menawarkan posisi berkendara yang sporty dengan desain tetap stylish serta modern. Motor baru ini hadir dengan 3 pilihan warna baru, yaitu Aggressive Red, Active Blue dan Black Yellow.

Motor MX King ini memiliki tampilan yang gagah dan desain depannya tampak meruncing dengan paduan sayap atau fairing ramping sehingga menghasilkan sistem aerodinamis yang baik.

 

7. Sudah Menggunakan Sistem Pencahayaan yang Full LED

Foto: Yamaha

MX King menawarkan sporty style design 3 LED, yaitu 2 low beam, dan 1 high beam. Headlight motor ini memberikan penerangan yang maksimal saat berkendara.

Baca juga: Yamaha MX King Laris Manis

 

MX King 2023 Baru Apakah Irit Bahan Bakar? 

Berbicara mengenai keiritan bahan bakar, ada banyak faktor yang bisa menentukan hal tersebut ketika motor sedang dikendarai, yaitu cara menyetir, beban kendaraan, trek yang dilalui, cuaca, dan kecepatan angin saat berkendara. 

MX King 2023 baru mengusung mesin bertipe 4-stroke, SOHC berkapasitas 150cc dengan 1 silinder menggunakan sistem pendingin cairan dan memiliki kompresi pembakaran 10.4 : 1. Motor ini mampu mengirit hingga 49,8 kpl yang didukung dengan kapasitas tangki bahan bakar yang mencapai 4,2 liter.

 

Jika Gilmoters ingin mengetahui bagaimana tips dalam mengirit bahan bakar, berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan agar motor menjadi irit bahan bakar:

  • Perhatikan Gaya Berkendara

Salah satu pemicu bahan bakar menjadi boros adalah karena gaya berkendara yang tidak sewajarnya. Jangan asal menarik tuas gas karena bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Karena penarikan tuas gas yang terlalu mendadak bisa menyebabkan bahan bakar menjadi boros. 

Jadi, sebisa mungkin Gilmoters berkendara dengan wajar dan tariklah tuas gas secara perlahan agar konsumsi bahan bakar tidak kembali boros. Dianjurkan kepada Gilmoters untuk menjaga kondisi kecepatan motor dalam posisi yang stabil agar bahan bakar tidak boros.

  • Servis Secara Berkala

Perhatikan jadwal servis motor MX King 2023 Gilmoters, jangan sampai telat atau tidak sama sekali. Servis motor merupakan bagian penting yang harus dilakukan untuk menjaga kondisi motor tetap fit dan awet hingga irit bahan bakar.

Mesin motor yang terawat memiliki sistem pembakaran dan penggunaan bahan bakarnya lebih optimal sehingga konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih efektif dan lebih irit. Jangan lupa juga untuk mengganti oli secara berkala karena kedua hal ini dapat membuat pembakaran menjadi lebih sempurna.

  • Pilih Oktan yang Sesuai

Disaat Gilmoters menggunakan bahan bakar dengan oktan yang sesuai, maka bisa menghemat bakar bakar dan membuat mesin menjadi awet karena pembakaran bahan bakar menjadi lebih sempurna. Menggunakan oktan yang sesuai juga membuat mesin menjadi lebih bersih tanpa kerak di dinding mesin.

  • Rutin Cek Filter Udara dan Membersihkannya Secara Berkala

Kondisi filter udara yang kotor dan berdebu dapat memicu motor menjadi lebih boros karena sistem pembakaran membutuhkan udara yang didapat dari luar dan melewati filter udara. Semakin besar udara yang didapat, maka akan membuat pembakarannya semakin sempurna.

Jika filter udara penuh debu dan kotoran yang menempel, maka bisa menghambat sirkulasi keluar masuk udara di ruang mesin motor. Oleh sebab itu, Gilmoters harus rutin melakukan pengecekan terhadap kondisi filter udara agar sirkulasi yang dibutuhkan dalam proses pembakaran menjadi lebih lancar.

  • Tidak Membawa Beban yang Berlebih

Apabila Gilmoters membawa beban yang berlebih, maka otomatis tenaga yang harus dikeluarkan juga akan semakin besar. Dengan tenaga yang besar tersebut, tentu membutuhkan suplai bahan bakar yang lebih juga.

Maka dari itu, Gilmoters perlu memperhatikan barang bawaan agar tidak membuat beban berlebih pada motor sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

MX King 2023 baru yang menyita banyak perhatian para pecinta motor terutama motor bebek telah sukses dipasaran. Gilmoters yang mengidamkan motor dengan bahan bakar yang irit, tentu motor ini bisa jadi pilihan yang tepat bagi Gilmoters.