Photo : Yamaha
0
3104

Yamaha YZF-R1M, Motor Balap Versi Jalan Raya Ber-DNA MotoGP

GILAMOTOR.com – Selain YZF-R1, Yamaha juga menghadirkan YZF-R1M yang diklaim punya persenjataan lebih komplit. Dengan begitu, edisi R1 versi tertinggi ini tampil sebagai motor balap jalan raya.

Tidak seperti edisi standart (YZF-R1), YZF-R1M dibekali bodi serat karbon yang bisa dilihat pada beberapa bagian panel fairingnya.

Keutamaan R1 versi balap ini juga terletak di kaki-kakinya. Suspensi Ohlins dengan sistem Electronic Racing Suspension (ERS) mampu meningkatkan performa motor saat dibejeg, utamanya di tikungan. Bagian roda dengan velg magnesium dan ban berperforma tinggi dari Bridgestone 120/70-ZR17 (depan) dan 200/55-ZR17 (belakang) berkompon spesial juga menjadi sektor pendukung terbaik.

Data logger yang terintegrasi dengan GPS juga tersedia di YZF-R1M. Perangkat tersebut bisa dihubungkan dengan smartphone atau gadget.

Kemampuan YZF-R1M kian maksimal dengan adanya perangkat elektronik six-axis IMU bekerja untuk beberapa sensor seperti banking-sensitive Traction Control, Slide Control dan Anti-Wheelie Control yang tersedia sebagai fitur bawaan. Begitu juga dengan ABS, lift control, power modes dan quick shifter.

YZF-R1M juga akan mengandalkan ketangguhan mesin DOHC empat silinder 998cc berkekuatan 200 hp.

Menariknya, YZF-R1M ini akan dipasarkan secara terbatas yaitu 500 unit saja di dunia. Motor sport beraura balap MotoGP ini dijadwalkan mengaspal, Februari 2015 dan dipasarkan dengan harga US$ 21.990 atau sekitar Rp 266 juta. Indonesia kebagian jatah nggak ya?