Berita

Friday, 19/11/10 | 14:06 WIB

Bikin Velg Jari-jari Untuk Ban Tubeless

Bikin Velg Jari-jari Untuk Ban Tubeless
Penggunaan ban tubeless biasanya hanya diaplikasikan pada velg palang atau castwheel karena konturnya yang padat dan tanpa celah. Sehingga memungkinkan menggunakan ban luar tanpa harus pengaplikasikan ban dalam lagi.
Jadi, jelas tidak mungkin jika velg jari-jari mengaplikasikan ban tubeless. Karena pada nipple jari-jari jelas menyisakan lubang yang mudah dilalui udara.
Nah, mungkin Anda sering bertanya-tanya karena saat ini banyak motor yang menggunakan velg jari-jari tapi ban yang digunakan adalah jenis tubeless. Khususnya motor-motor yang sisebut sebagai supermoto.
Kok bisa sih?
Ok, yuk kita pelajari bagaimana rumah modifikasi mengaplikasikan ban tubeless pada velg jari-jari.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah cuci seluruh bagian velg dengan carian sabun dan bilas dengan air bersih, agar sisi bagian dalam velg tidak ada debu, oli atau minyak yang menempel untuk menghindari lapisan penutup lubang yang digunakan mengelupas.
Setelah kering dan pastikan sudah bersih dari debu dan minyak, tetesi Loctite di seluruh sela nipple jari-jari hingga merata agar nipple menempel pada tapakan velg.
Usai melumuri seluruh nipple jari-jari dengan Loctite hingga kering, gunakan Sikaflex 221 untuk menutupi seluruh tapakan velg bagian dalam khususnya bagian nipple jari-jari agar tak ada celah atau lubang. Pastikan penggunaan Sikaflex 221 merata pada seluruh velg bagian dalam dan pusatkan pada bagian nipple jari-jari.
Lantas diamkan velg yang telah dilumuri Sikaflex paling tidak selama 24 jam agar benar-benar kering. Bisa juga menggunakan pemanas agar lebih cepat kering. Namun lebih baik tunggu setelah 24 jam agar benar-benar kering dan melekat di velg.
Langkah terakhir, lapisi velg yang telah dilumuri Sikaflex dengan Silicone Glass Sealent atau yang biasa digunakan untuk mengelem kaca. Lakukan pelapisan Silicon glass secara bertahap setiap 10 cm dan terus dilakukan langkah yang sama hingga seluruh velg bagian dalam terlapisi Silicon Glass dan diamkan hingga kering paling tidak selama 2 hari.
Yang perlu diperhatikan saat pengaplikasian Sikaflex dan Silicon Glass adalah bagian ujung atau sisi velg yang dilapisi. Karena jika sedikit saja ada celah, sudah pasti velg tersebut tak bisa digunakan untuk ban tubeless.
Penggunaan Sikasflex untuk velg berukuran 3.5 – 5 inch bisa menghabiskan 2 – 5 tabung Sikaflex 221. Begitu juga dengan penggunaan Silicon Glass Sealent.
Jika pembuatan velg tubeless jari-jari di bengkel, paling tidak konsumen harus merogoh kocek hingga Rp 450 ribu. Tapi semua tergantung ukuran velg yang digunakan, makin besar dan lebar velg nya, makin mahal pula biaya yang dikeluarkan.
Selamat mencoba.
Catatan : Foto yant tertera masih dalam tahap penggunakan Sikaflex 221 dan belum menggunakan Silicon Glass Sealent.

GilaMotor. – Penggunaan ban tubeless biasanya hanya diaplikasikan pada velg palang atau castwheel karena konturnya yang padat dan tanpa celah. Sehingga memungkinkan menggunakan ban luar tanpa harus pengaplikasikan ban dalam lagi.

Jadi, jelas tidak mungkin jika velg jari-jari mengaplikasikan ban tubeless. Karena pada nipple jari-jari jelas menyisakan lubang yang mudah dilalui udara.

Nah, mungkin Anda sering bertanya-tanya karena saat ini banyak motor yang menggunakan velg jari-jari tapi ban yang digunakan adalah jenis tubeless. Khususnya motor-motor yang sisebut sebagai supermoto.

Kok bisa sih?

Ok, yuk kita pelajari bagaimana rumah modifikasi mengaplikasikan ban tubeless pada velg jari-jari.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah cuci seluruh bagian velg dengan carian sabun dan bilas dengan air bersih, agar sisi bagian dalam velg tidak ada debu, oli atau minyak yang menempel untuk menghindari lapisan penutup lubang yang digunakan mengelupas.

Setelah kering dan pastikan sudah bersih dari debu dan minyak, tetesi Loctite di seluruh sela nipple jari-jari hingga merata agar nipple menempel pada tapakan velg.

Usai melumuri seluruh nipple jari-jari dengan Loctite hingga kering, gunakan Sikaflex 221 untuk menutupi seluruh tapakan velg bagian dalam khususnya bagian nipple jari-jari agar tak ada celah atau lubang. Pastikan penggunaan Sikaflex 221 merata pada seluruh velg bagian dalam dan pusatkan pada bagian nipple jari-jari.

Lantas diamkan velg yang telah dilumuri Sikaflex paling tidak selama 24 jam agar benar-benar kering. Bisa juga menggunakan pemanas agar lebih cepat kering. Namun lebih baik tunggu setelah 24 jam agar benar-benar kering dan melekat di velg.

Langkah terakhir, lapisi velg yang telah dilumuri Sikaflex dengan Silicone Glass Sealant atau yang biasa digunakan untuk mengelem kaca. Lakukan pelapisan Silicon glass secara bertahap setiap 10 cm dan terus dilakukan langkah yang sama hingga seluruh velg bagian dalam terlapisi Silicon Glass dan diamkan hingga kering paling tidak selama 2 hari.

Yang perlu diperhatikan saat pengaplikasian Sikaflex dan Silicon Glass adalah bagian ujung atau sisi velg yang dilapisi. Karena jika sedikit saja ada celah, sudah pasti velg tersebut tak bisa digunakan untuk ban tubeless.

Penggunaan Sikasflex untuk velg berukuran 3.5 – 5 inch bisa menghabiskan 2 – 5 tabung Sikaflex 221. Begitu juga dengan penggunaan Silicon Glass Sealant.

Jika pembuatan velg tubeless jari-jari di bengkel, paling tidak konsumen harus merogoh kocek hingga Rp 450 ribu. Tapi semua tergantung ukuran velg yang digunakan, makin besar dan lebar velg nya, makin mahal pula biaya yang dikeluarkan.

Selamat mencoba.

Catatan : Foto yang tertera masih dalam tahap penggunaan Sikaflex 221 dan belum menggunakan Silicon Glass Sealant.

#Rubrik ini dipersembahkan oleh EVALUBE, Pelumas berteknologi yang berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai merek paling direkomendasikan konsumen untuk pelumas motor.

Penulis/Foto : Jay

Komentari


*

500 | |

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

  • ingat bro, konstruksi ban tubeless itu secara teori sangat berbeda dgn ban tube, dan desain velg racing dgn velg jari2 juga berbeda. jika pun dipaksakan, tentu hasilnya tidak akan maksimal. Kecuali protipe yg memang di desain khusus.

  • koe minat skali, tpi kalo beli bahan2nnya d’toko apa bng???

  • beli barang2 yang di ats d mn mas bro??

  • nggak ah….gak mahal kok, sekarang ada saingannya rhino tire, aku lupa namanya, ke bengkel bisa, cuma 65ribu langsung jalan, dan dah terbukti, velg jari-jari hanya dilapisi seperti ban dalam, kemudian ban jenis tubetyre dilumuri cairan dan ada serbuk karet, jadi dah tubetyre menjadi tubeless

    OOT ya? emang iya tapi yg difokuskan adalah ada kok di jual selendang untuk menutupi bagian2 yang kemungkinan bisa jadi jalannya udara di velg jari

  • nggak ah….gak mahal kok, sekarang ada saingannya rhino tire, aku lupa namanya, ke bengkel bisa, cuma 65ribu langsung jalan, dan dah terbukti, velg jari-jari hanya dilapisi seperti ban dalam, kemudian ban jenis tubetyre dilumuri cairan dan ada serbuk karet, jadi dah tubetyre menjadi tubeless

    OOT ya? emang iya tapi yg difokuskan adalah ada kok di jual selendang untuk menutupi bagian2 yang kemungkinan bisa jadi jalannya udara di velg jari

  • beli barang2 yang di ats d mn mas bro??

  • koe minat skali, tpi kalo beli bahan2nnya d’toko apa bng???

  • ingat bro, konstruksi ban tubeless itu secara teori sangat berbeda dgn ban tube, dan desain velg racing dgn velg jari2 juga berbeda. jika pun dipaksakan, tentu hasilnya tidak akan maksimal. Kecuali protipe yg memang di desain khusus.

  • Body fat reduction retailers: there are actually specialty outlets that stock options weight reduction products inside various forms inside addition to dimensions. One can probably possess a container on the capsules like 400 directions 1000mg, throughout tablet, supplements and natural powder web type. One provides to stage in and possess a pursuit around and buy in the range that will be certainly currently there. Harmful factor with this will be generally that the group can find you really if privacy is usually what the initial is instantly after.

  • Pretty! This has been an extremely wonderful post. Many thanks for supplying this information.

  • I most certainly will straight away take the feed once i cannot in discovering your own email registration url and also ezine support. Are there virtually any? Please enable me have an understanding of so that I could truthfully signed up. Thanks a lot.

1 2 3 12

Berita lainnya

Terbaru