57
13791

Bikin Velg Jari-jari Untuk Ban Tubeless

Bikin Velg Jari-jari Untuk Ban Tubeless
Penggunaan ban tubeless biasanya hanya diaplikasikan pada velg palang atau castwheel karena konturnya yang padat dan tanpa celah. Sehingga memungkinkan menggunakan ban luar tanpa harus pengaplikasikan ban dalam lagi.
Jadi, jelas tidak mungkin jika velg jari-jari mengaplikasikan ban tubeless. Karena pada nipple jari-jari jelas menyisakan lubang yang mudah dilalui udara.
Nah, mungkin Anda sering bertanya-tanya karena saat ini banyak motor yang menggunakan velg jari-jari tapi ban yang digunakan adalah jenis tubeless. Khususnya motor-motor yang sisebut sebagai supermoto.
Kok bisa sih?
Ok, yuk kita pelajari bagaimana rumah modifikasi mengaplikasikan ban tubeless pada velg jari-jari.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah cuci seluruh bagian velg dengan carian sabun dan bilas dengan air bersih, agar sisi bagian dalam velg tidak ada debu, oli atau minyak yang menempel untuk menghindari lapisan penutup lubang yang digunakan mengelupas.
Setelah kering dan pastikan sudah bersih dari debu dan minyak, tetesi Loctite di seluruh sela nipple jari-jari hingga merata agar nipple menempel pada tapakan velg.
Usai melumuri seluruh nipple jari-jari dengan Loctite hingga kering, gunakan Sikaflex 221 untuk menutupi seluruh tapakan velg bagian dalam khususnya bagian nipple jari-jari agar tak ada celah atau lubang. Pastikan penggunaan Sikaflex 221 merata pada seluruh velg bagian dalam dan pusatkan pada bagian nipple jari-jari.
Lantas diamkan velg yang telah dilumuri Sikaflex paling tidak selama 24 jam agar benar-benar kering. Bisa juga menggunakan pemanas agar lebih cepat kering. Namun lebih baik tunggu setelah 24 jam agar benar-benar kering dan melekat di velg.
Langkah terakhir, lapisi velg yang telah dilumuri Sikaflex dengan Silicone Glass Sealent atau yang biasa digunakan untuk mengelem kaca. Lakukan pelapisan Silicon glass secara bertahap setiap 10 cm dan terus dilakukan langkah yang sama hingga seluruh velg bagian dalam terlapisi Silicon Glass dan diamkan hingga kering paling tidak selama 2 hari.
Yang perlu diperhatikan saat pengaplikasian Sikaflex dan Silicon Glass adalah bagian ujung atau sisi velg yang dilapisi. Karena jika sedikit saja ada celah, sudah pasti velg tersebut tak bisa digunakan untuk ban tubeless.
Penggunaan Sikasflex untuk velg berukuran 3.5 – 5 inch bisa menghabiskan 2 – 5 tabung Sikaflex 221. Begitu juga dengan penggunaan Silicon Glass Sealent.
Jika pembuatan velg tubeless jari-jari di bengkel, paling tidak konsumen harus merogoh kocek hingga Rp 450 ribu. Tapi semua tergantung ukuran velg yang digunakan, makin besar dan lebar velg nya, makin mahal pula biaya yang dikeluarkan.
Selamat mencoba.
Catatan : Foto yant tertera masih dalam tahap penggunakan Sikaflex 221 dan belum menggunakan Silicon Glass Sealent.

GilaMotor. – Penggunaan ban tubeless biasanya hanya diaplikasikan pada velg palang atau castwheel karena konturnya yang padat dan tanpa celah. Sehingga memungkinkan menggunakan ban luar tanpa harus pengaplikasikan ban dalam lagi.

Jadi, jelas tidak mungkin jika velg jari-jari mengaplikasikan ban tubeless. Karena pada nipple jari-jari jelas menyisakan lubang yang mudah dilalui udara.

Nah, mungkin Anda sering bertanya-tanya karena saat ini banyak motor yang menggunakan velg jari-jari tapi ban yang digunakan adalah jenis tubeless. Khususnya motor-motor yang sisebut sebagai supermoto.

Kok bisa sih?

Ok, yuk kita pelajari bagaimana rumah modifikasi mengaplikasikan ban tubeless pada velg jari-jari.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah cuci seluruh bagian velg dengan carian sabun dan bilas dengan air bersih, agar sisi bagian dalam velg tidak ada debu, oli atau minyak yang menempel untuk menghindari lapisan penutup lubang yang digunakan mengelupas.

Setelah kering dan pastikan sudah bersih dari debu dan minyak, tetesi Loctite di seluruh sela nipple jari-jari hingga merata agar nipple menempel pada tapakan velg.

Usai melumuri seluruh nipple jari-jari dengan Loctite hingga kering, gunakan Sikaflex 221 untuk menutupi seluruh tapakan velg bagian dalam khususnya bagian nipple jari-jari agar tak ada celah atau lubang. Pastikan penggunaan Sikaflex 221 merata pada seluruh velg bagian dalam dan pusatkan pada bagian nipple jari-jari.

Lantas diamkan velg yang telah dilumuri Sikaflex paling tidak selama 24 jam agar benar-benar kering. Bisa juga menggunakan pemanas agar lebih cepat kering. Namun lebih baik tunggu setelah 24 jam agar benar-benar kering dan melekat di velg.

Langkah terakhir, lapisi velg yang telah dilumuri Sikaflex dengan Silicone Glass Sealant atau yang biasa digunakan untuk mengelem kaca. Lakukan pelapisan Silicon glass secara bertahap setiap 10 cm dan terus dilakukan langkah yang sama hingga seluruh velg bagian dalam terlapisi Silicon Glass dan diamkan hingga kering paling tidak selama 2 hari.

Yang perlu diperhatikan saat pengaplikasian Sikaflex dan Silicon Glass adalah bagian ujung atau sisi velg yang dilapisi. Karena jika sedikit saja ada celah, sudah pasti velg tersebut tak bisa digunakan untuk ban tubeless.

Penggunaan Sikasflex untuk velg berukuran 3.5 – 5 inch bisa menghabiskan 2 – 5 tabung Sikaflex 221. Begitu juga dengan penggunaan Silicon Glass Sealant.

Jika pembuatan velg tubeless jari-jari di bengkel, paling tidak konsumen harus merogoh kocek hingga Rp 450 ribu. Tapi semua tergantung ukuran velg yang digunakan, makin besar dan lebar velg nya, makin mahal pula biaya yang dikeluarkan.

Selamat mencoba.

Catatan : Foto yang tertera masih dalam tahap penggunaan Sikaflex 221 dan belum menggunakan Silicon Glass Sealant.

#Rubrik ini dipersembahkan oleh EVALUBE, Pelumas berteknologi yang berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai merek paling direkomendasikan konsumen untuk pelumas motor.

Penulis/Foto : Jay

57 COMMENTS

  1. nggak ah….gak mahal kok, sekarang ada saingannya rhino tire, aku lupa namanya, ke bengkel bisa, cuma 65ribu langsung jalan, dan dah terbukti, velg jari-jari hanya dilapisi seperti ban dalam, kemudian ban jenis tubetyre dilumuri cairan dan ada serbuk karet, jadi dah tubetyre menjadi tubeless

    OOT ya? emang iya tapi yg difokuskan adalah ada kok di jual selendang untuk menutupi bagian2 yang kemungkinan bisa jadi jalannya udara di velg jari

  2. ingat bro, konstruksi ban tubeless itu secara teori sangat berbeda dgn ban tube, dan desain velg racing dgn velg jari2 juga berbeda. jika pun dipaksakan, tentu hasilnya tidak akan maksimal. Kecuali protipe yg memang di desain khusus.

  3. Terlalu repot, mending bagian velgnya dilapis ban dalem R14 aja. Tinggal gunting belah 2 atasnya, terus pnp…

  4. Wah gmana servis jari2 nya ya kalo sewaktu waktu kendor atopun rusak..ya musti dibongkar donk sikaflex en silikonnya..berat di biaya donk critanya..hadehhh!!

  5. 450Rb?? lebaaaayyyy!!!! pk ban dalem R14 + Cairan anti Bocor lbih murah nd hasilny pun sm bagusnya

  6. Min kok jadi jualan barang sikaflex DKK
    udah biaya mahal mana ada yg minat buat kyak gitu min velg jari2 itu lentur bukan seperti velg racing rigid lah klo salah satu jari2 kendor trus setel velg modiar hargane bener yg di atas tuh

    kritik min cari bahan di seleksi dulu jgn asal comot ada pertimbangan

  7. 17138 240224Wow that was strange. I just wrote an incredibly long comment but after I clicked submit my comment didn’t appear. Grrrr… well I’m not writing all that over again. Regardless, just wanted to say wonderful blog! 508983

  8. Thanks for the sensible critique. Me and my neighbor were just preparing to do a little research on this. We got a grab a book from our area library but I think I learned more clear from this post. I’m very glad to see such fantastic information being shared freely out there.

  9. Fantastic goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you are just extremely magnificent. I really like what you’ve acquired here, really like what you are saying and the way in which you say it. You make it entertaining and you still take care of to keep it wise. I can not wait to read much more from you. This is really a tremendous web site.

  10. It is the best time to make some plans for the future and it’s time to be happy. I have read this post and if I could I desire to suggest you some interesting things or advice. Perhaps you could write next articles referring to this article. I desire to read even more things about it!

  11. I as well as my buddies were found to be examining the good helpful tips on your site and then at once came up with a terrible feeling I had not expressed respect to you for those techniques. These young boys are already totally joyful to read them and have now definitely been taking pleasure in them. I appreciate you for truly being considerably kind and also for using these kinds of cool ideas most people are really desirous to discover. My very own honest regret for not saying thanks to you earlier.

  12. The State inspection report notes that Bright Start teachers were not following a policy of using written attendance sheets because it was Christmas Eve.

  13. Between me and my husband we’ve owned more MP3 players over the years than I can count, including Sansas, iRivers, iPods (classic & touch), the Ibiza Rhapsody, etc. But, the last few years I’ve settled down to one line of players. Why? Because I was happy to discover how well-designed and fun to use the underappreciated (and widely mocked) Zunes are.

  14. You can definitely see your enthusiasm in the work you write. The world hopes for even more passionate writers like you who are not afraid to say how they believe. Always go after your heart.

  15. This is very interesting, You’re a very skilled blogger. I’ve joined your rss feed and look forward to seeking more of your magnificent post. Also, I’ve shared your site in my social networks!

  16. Fully understand which type of gemstones before making a jewelry invest in.You will find several special sorts of ,http://www.cbs-appointments.co.uk/,rocks: phony, fake and even pretend. tiffany jewellery are generally exact rocks, and yet counterfeit is just plastic-type pigmented to seem such as the real guy. All natural gems are discovered underground and artificial gems happen to be produced from a labrador.Relax and take a highly critical look around the section you love, afterward put it together with several other articles you are searching for. Be careful of stunts this a few vendors makes use of to make a gem seem more desirable.

  17. 锘块煋鍥姐儔銉┿優 濂囩殗鍚?DVD 2800鍐? 姣庢棩鏂板搧銇撱亾銇汉姘楁捣澶栥儔銉┿優 鍥藉唴銉夈儵銉濪VD銇嬨倝銆併偄銉嬨儭DVD Blu-ray銇俱仹锛岄煋鍥姐儔銉┿優銆併偄銉嬨儭銉夈儵銉炪€佹棩鏈琓V銉夈儵銉炪€佷腑鍥姐儔銉┿優銆備汉姘桪VD鐗逛尽銈汇兗銉腑!鍏ㄥ搧閰嶉€佺劇鏂欍€

  18. Wow! This could be one particular of the most beneficial blogs We have ever arrive across on this subject. Basically Excellent. I’m also an expert in this topic therefore I can understand your effort.

  19. You are so awesome! I don’t suppose I have read something like that before. So nice to discover another person with some original thoughts on this topic. Seriously.. thanks for starting this up. This web site is something that’s needed on the web, someone with some originality!

  20. What’s concerning juicy couture previously? This can be a stylish fashion around the world. Many individuals specially women have,visit homepage,strong interest in juicy couture.Truly, Juicy Couture can be a West Shoreline manner corporation advertising it has the strains of recent everyday along with sports clothing plus fashion accessories. Presently there ranges use a wonderful elegant feeling and type. Typically the Succulent brand become popular while Fashionistas started out wearing their clothes in addition to holding his or her totes.

  21. Lace and also custom dresses compensated admiration to the brilliant bells Mother to be Dresses For Events we got,http://www.heatron.us/red-prom-dresses-c-23.html,that obtained April, along with everybody is definitely receiving a whole new located recommendation with this really appearance. You’ll want to recognize no agreeing to inspired with each of your unique ensemble, usually if you ever previously accept a bright fashionable forms of the best way you need that to look.

  22. An impressive share! I’ve just forwarded this onto a colleague who was conducting a little homework on this. And he in fact bought me breakfast due to the fact that I found it for him… lol. So let me reword this…. Thank YOU for the meal!! But yeah, thanks for spending time to discuss this matter here on your web page.

  23. The next time I read a blog, Hopefully it won’t fail me just as much as this particular one. After all, I know it was my choice to read, nonetheless I actually thought you would probably have something helpful to say. All I hear is a bunch of complaining about something that you can fix if you weren’t too busy seeking attention.

  24. While you are having usually with this specific item, you will keep acquiring your normal access of nutrition. At the exact same period because you often losing stomach fats that will be certainly transformed into power sources for your entire body. Consequently, your energy amounts will constantly be nevertheless in impact and you will constantly get thinner as nicely.

  25. Can I just say what a comfort to discover someone who genuinely understands what they are talking about online. You definitely know how to bring a problem to light and make it important. More and more people should read this and understand this side of your story. I can’t believe you’re not more popular given that you certainly possess the gift.|

  26. Good post. I learn something totally new and challenging on websites I stumbleupon every day. It will always be interesting to read content from other authors and practice a little something from other web sites.

  27. Howdy! I could have sworn I’ve been to this web site before but after going through some of the articles I realized it’s new to me. Regardless, I’m definitely pleased I discovered it and I’ll be book-marking it and checking back frequently!

  28. I most certainly will straight away take the feed once i cannot in discovering your own email registration url and also ezine support. Are there virtually any? Please enable me have an understanding of so that I could truthfully signed up. Thanks a lot.

  29. Body fat reduction retailers: there are actually specialty outlets that stock options weight reduction products inside various forms inside addition to dimensions. One can probably possess a container on the capsules like 400 directions 1000mg, throughout tablet, supplements and natural powder web type. One provides to stage in and possess a pursuit around and buy in the range that will be certainly currently there. Harmful factor with this will be generally that the group can find you really if privacy is usually what the initial is instantly after.