Photo: Gilamotor.com
9
2817

First Ride Piaggio MP3 Yourban LT 300ie, Si Bongsor yang Menyenangkan

GILAMOTOR.com – Pekan lalu, PT Piaggio Indonesia (PID) tidak hanya meluncurkan fasilitas pelatihan terbaru di Cakung, Jakarta Utara, namun juga mengajak awak media untuk menjajal kemampuan produk mereka, termasuk Piaggio MP3 Yourban LT 300ie.

Sebagai skuter roda tiga dengan komposisi dua roda depan (110/70-13) dan satu di belakang (140/60-14), MP3 Yourban LT 300ie tentu sangat menarik perhatian siapapun di jalan. Apalagi desain bodinya yang futuristik dengan ukuran yang cukup bongsor, langsung dapat dikenali.

Oiya, sebelum test ride, kami dapat pengarahan mengenai fungsi dan fitur utama pada MP3 Yourban LT 300ie. Diantaranya Parking Brake (rem parkir) dan Hold Assist System (HAS). Kedua fitur ini memungkinkan motor diparkir tanpa standar tengah. Pengendara juga bisa berhenti di lampu merah tanpa menginjakan kaki ke tanah.

“Untuk menonaktifkan fitur rem tangan, tinggal menarik tuas ke atas. Sementara HAS dapat dimatikan jika motor berjalan dan lampu indikator HAS di dashboard juga akan mati,” ungkap Yudi Riswanto, Training Manager PT PID.

Mulai nyalakan mesin, jangan terkecoh suara halus mesin 300cc bertipe Quasar 4-valve satu silindernya lho. Karena tarikan awalnya sangat spontan. Nggak perlu putar gas dalam-dalam, badan seolah tertarik ke belakang.

Tak perlu heran, karena mesin yang diusung MP3 Yourban LT 300ie memang mengutamakan torsi besar. Klaim pabrikan, torsinya menyentuh 24 Nm di 6.000 rpm dengan tenaga 16,6 kW pada 7.500 rpm.

Soal pengereman, Anda tak perlu cemas karena MP3 Yourban LT 300ie sudah dipersenjatai dengan rem cakram di ketiga rodanya.

Oiya, meski punya tiga roda, tapi memakainya mirip motor roda dua biasa kok. Karena sistem suspensi depan berjuluk Articulated Quadrilateral. Hal ini memungkinkan kedua roda depan untuk miring hingga 40 derajat. Pun demikian dengan suspensi ganda di belakang yang memberi kenyamanan maksimal.

Sekilas menguji MP3 Yourban LT 300ie, jelas skutik ini menyajikan kesenangan berkendara bagi penggunanya meski kondisi macet sekalipun. Tapi ingat, bodinya terbilang bongsor, jadi jangan samakan kelincahannya dengan saudaranya seperti Vespa Sprint, atau  Piaggio Beverly 350.

Nah, bagi Anda yang berminat memiliki MP3 Yourban LT 300ie, jangan lupa siapkan budget sebesar Rp 200 juta untuk menebus semua fitur dan kesenangan berkendara yang ditawarkannya ya.

9 COMMENTS