Tanda-tanda Radiator Motor Bermasalah, Yuk Segera Periksa
0
90

Tanda-tanda Radiator Motor Bermasalah, Yuk Segera Periksa

Radiator yang bermasalah bisa menyebabkan mesin motor alami overheating. Karena fungsinya yang sangat penting, maka pemilik motor baiknya memahami tanda-tanda kerusakan pada radiator. 

 

Radiator membantu suhu mesin tetap terjaga dengan cata melepaskan panas yang dihasilkan oleh mesin dan dibuang ke udara. Maka, mesin akan terlalu panas jika radiator alami kerusakan. 

 

Berikut tanda-tanda kerusakan pada radiator: 

 

  1. Pendinginan Tak Bekerja Optimal 

 

Mengenali tanda kerusakan radiator paling mudah adalah dengan melihat kinerjanya. Apabila sistem pendinginan tak bekerja secara optimal maka bisa jadi tanda radiator bermasalah. Biasanya hal ini dikarenakan tutup radiator yang tak ditutup dengan benar sehingga udara panas langsung masuk ke dalam. 

 

  1. Air Reservoir Cepat Habis 

 

Cepat habisnya air reservoir ini disebabkan oleh proses pendinginan yang tak bisa bekerja secara optimal. Akhirnya cairan pendingin di dalamnya bisa cepat menguap dan habis. 

 

  1. Rusaknya Selang Radiator 

 

Tanda kerusakan radiator selanjutnya adalah selang radiator rusak. Apabila selang radiator getas dan retak maka bisa mengalami kebocoran di dalamnya. Sebaiknya segera bawa motor ke bengkel untuk mengatasi masalah ini. 

 

  1. Sirip Radiator Rusak

 

Rusaknya sirip radiator biasanya disebabkan oleh benturan benda keras seperti batu atau kerikil. Apabila sirip radiator rusak maka jalur cairan pendingin bisa tersumbat. 

 

Itu dia beberapa tanda yang bisa terlihat apabila terjadi kerusakan pada radiator. Jangan disepelekan ya, lebih baik segera bawa ke bengkel agar segera ditangani dan tak menimbulkan masalah lain.