4
876

Yamaha Mau Hadirkan Mio Injeksi?

GILAMOTOR.com, Jakarta. – Inilah kreasi terkini dari Yamaha, skuter Fiore dengan fuel injection. Motor yang belum lama diluncurkan di negeri Gajah Putih, Thailand, diharapkan mampu mengulang sukses sang skuter retro, Fino di negeri tersebut.

Yamaha membekali Fiore dengan mesin 113 cc, 4 langkah SOHC, berpendingin udara dengan peranti baru, YMJet (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection). Konsumsi bahan bakar skuter ini diklaim Yamaha sangat irit bahan bakar.

Kehadiran Fiore cukup menimbulkan spekulasi bahwa Yamaha Indonesia akan memboyong Fiore ke Indonesia. Hal ini diperkuat oleh ungkapan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) yang pernah mengatakan bahwa pihaknya akan membekali produk mereka dengan teknologi Injeksi, guna memenuhi standar emisi Euro 3.

Jika ditelaah, spesifikasi mesin yang diusung Fiore nyaris tak ada perbedaan dengan Yamaha Mio. Hanya saja yang membedakan adalah teknologi pengkabutan bahan bakarnya. Jika Mio menggunakan karburator, Fiore sudah menggunakan sistem injeksi dengan perbandingan kompresi yang lebih tinggi, 9.3 : 1, sementara Mio hanya 8,8 : 1.

Boleh jadi, Fiore adalah cikal-bakal motor injeksi kedua dari YMKI setelah Yamaha V-Ixion. Terlebih rumor Mio injeksi sudah mulai diperbincangkan di forum GilaMotor.com. Lantas apakah Fiore akan berganti nama menjadi Mio saat masuk Indonesia, atau Mio tetap dengan wujudnya namun dibekali dengan teknologi yang diusung Fiore? Atau mungkin keduanya akan hadir pada 2011 mendatang?

Ketika dikonfirmasi masalah rumor tersebut, YMKI menyangkal bahwa pihaknya akan menghadirkan Fiore atau Mio injeksi di pasar otomotif Indonesia.

“Kita belum ada rencana menghadirkan Mio injeksi atau Fiore,” tegas Paulus S. Firmanto GM Promotion & Motor Sport Division YMKI.

Menurut Yamaha, pihaknya belum ada rencana menghadirkan Fiore ke Indonesia termasuk Mio injeksi. Lagi pula, masih menurut Yamaha, seandainya pihaknya akan menghadirkan Fiore atau Mio injeksi, harus ada research yang mendalam terlebih dahulu.

Penulis/Foto : Jay/Istimewa

4 COMMENTS

  1. jawaban Yamaha atas kampanye kotor si ‘H’yg menclaim dirinya plg irit.pdhl smuan matic sama aja.bicara injeksi kliatanya si ‘Y’ yg plg siap…tp si ‘H’pasti ikutan.kita liat aja perang mereka nanti….