4
10394

CB150R StreetFire Pro Fighter, Mirip KTM Duke 1290

GILAMOTOR.com – Masuk dari sisi timur booth Honda di Arena Pekan Raya Jakarta (PRJ), ada sebuah motor modifikasi dari basis CB150R StreetFire. Dari jauh, konsep modifikasi yang diambil terlihat punya garis desain KTM Duke 1290R. Nggak salah kalau yang ngeliat dari jauh langsung punya pikiran, “itu kok ada KTM Duke nongkrong di booth Honda.?”

Bedanya, motor gawean Honda Heronusa Bali ini berbalut warna dominan silver, sementara KTM punya warna dominan orange. Meski beda warna, tetap saja tampang mirip motor asal Austria itu sangat kentara. Apa lagi kalau lihat dari depan dan model headlight flat with single reflector, KTM banget. Tapi kalau dari dekat, yah pasti tau kalau itu adalah Honda CB150R StreetFire.

Lupakan masalah kemiripannya, kita ambil faedahnya. Mungkin itu hanya kebetulan. Namanya juga konsep modif Pro Fighters, yah begitu.

Kehadiran CB150R Pro Fighter ini bisa jadi salah satu rujukan modifikasi buat bro en sis yang lagi buntu otaknya nyari konsep ubahan baru. Nggak harus diaplikasi di CB150R StreetFire aja sih, di Tiger, MegaPro atau motor sport sejenis juga bisa dimodif macam ini.

Sekarang kita lihat lebih dekat komponen yang diaplikasi di CB150R Pro Fighters. Jadi bro en sis bisa nebak berapa dana yang dibutuhkan untuk modif macam ini.

Stang fat bar dan raisernya manfaatin punya Renthal. Di ujung kiri dan kanan, nempel kaca spion kotak dari Koso. Kelihatannya jadi makin ciamik, makin kental dengan desain motor-motor Eropa. Turun sedikit ke lampu depan, hasil kerja para insinyur Honda nggak dipakai di modifiksi CB150R ini, modifikator lebih memilih model headlight flat with single reflector dan pakai HID bergaya mata malaikat.

Suspensi depannya pun dipensiunkan untuk mengejar tampilan yang selaras dengan bodi. Upside down GSX600 jadi pilihan. Usuran upside down nggak wajib pakai punya GSX600, yang lain juga boleh. Mungkin limbah moge yang tersedia dan layak pakai hanya itu, jadi modifikatornya Cuma bisa menjatuhkan pilihan pada GSX600.

Turun ke bawah lagi, double cakram melengkapi tampang sangar CB150R StreetFire Pro Foghter ini. Rem Tokico dipercaya untuk menjepit dua cakram besar agar roda nggak terus-terusan mutar. Dengan dual disc, kesan moge nya makin kental, yah..? keren lahh..

Naik lagi ke bagian bodi, ubahan basar terlihat hanya di sektor buntutnya saja yang terlihat lebih runcing dan ramping. Terus spatbor dan lampu belakangnya disimpan di gudang. Sementara desain tangki sampai ke bagian tengah motor nggak berubah. Rangka trellis nya juga nggak berubah, hanya diganti warnanya saja dan penambahan beberapa cutting sticker.

Yang bikin motor ini makin keren, juga disebabkan dari pengaplikasian Pro Arm Honda VFR dan pelek NSR SP. Meski punya cc cuma 150, jadi kelihatan 1.000cc. Hehehee.

Mono shock bawaan diganti dengan monoshock Sowa. Untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda belakang, rantai D.I.D motif gold jadi pilihan. Lalu untuk meningkatkan performa dan suara yang garang, knalpot racing dari Termignoni yang ambil peran.

Itu beberapa komponen tambahan yang punya harga cukup lumayan. Nggak bisa dirincikan berapa kisaran harga komponen tersebut, bro en sis bisa tanya mbah google. Yang pasti, lumayan mahal.

4 COMMENTS

  1. ni buatannya dealer honda heronusa bali brow., awalnya ni mtr d bwt utk contest modif cb 150 r antar dealer honda sebali dan berhasil keluar sbg juara 1 d kls street fighter