Photo : Suzuki
0
802

Suzuki Address, Skutik Produksi Tambun Ini Mendunia Tahun Depan

GILAMOTOR.com – Suzuki Address menjadi salah satu produk global Suzuki yang diproduksi di Indonesia.”Ini motor bikinan Tambun karya anak-anak Indonesia!” seru Endro Nugroho, Senior Director 2W Sales & Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Nggak tanggung, sebanyak 20 negara akan dibidik untuk pemasaran skutik ini. Seperti kita tahu, Address pertama kali diperkenalkan untuk kawasan Eropa pada gelaran Intermot 2014 di Cologne, Jerman. Selanjutnya, skutik ini juga lahir perdana di Tanah Air bertepatan dengan dibukanya Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2014, Rabu (29/10).

Sebuah kebanggaan karena PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dipercaya untuk menggarap skutik bermesin SOHC 110cc injeksi tersebut di pabrik mereka yang berada di Tambun, Bekasi, Jawa Barat.

Januari 2015 kami merencanakan ekspor ke Eropa, Jepang, Australia dan ASEAN,” kata Endro. Dia mengatakan cukup sulit menembus pasar tersebut. “Bisa menembus pasar Jepang dan Eropa bukan hal yang mudah dan paling sulit,” tambah Endro. Namun, PT SIS bisa memenuhi persyaratan yang diakuinya sangat ketat itu.

“Address memiliki kualitas dunia dengan harga yang kompetitif untuk pasar Indonesia,” tambah Yohan Yahya GM Marketing 2W PT SIS kepada Gilamotor.com beberapa waktu lalu. “Komponen lokal Address sudah 98 persen. Untuk tahap awal (Januari 2015), Address akan di ekspor sebanyak 2 ribu unit,” jelas Yohan lagi.

Di Indonesia, Suzuki Address dijual dengan harga Rp 13,89 juta (OTR Jakarta). Selain mesin yang menjanjikan efisiensi penggunaan BBM, Address juga memiliki tangki bahan bakar sebanyak 5,2 liter. Untuk mengakomodasi barang bawaan, skutik ini juga menyediakan utility box di bawah setang dan bagasi berkapasitas 20,6 liter.

Sebagai pilihan, Suzuki Address tersedia dalam dua warna yaitu metallic medium blue dan celebration red.