Gilamotor.com/Ary
0
907

Penyelenggara Balap Pangkas Jumlah Lap di Final YCR 2014

GILAMOTOR.com – Insiden yang terjadi di sesi kualifikasi kelas YCR 2 berdampak pada penyelenggaraan final Yamaha Cup Race 2014 di Sirkuit Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta hari ini (9/11).

Kualifikasi yang seharusnya dijalani oleh seluruh pebalap dari YCR 1 sampai YCR 8, terpaksa hanya menuntaskan dua kelas saja yaitu YCR 1 dan YCR 4. Makanya, kualifikasi lanjutan mau nggak mau harus dijalani pagi hari, tepat sebelum race dimulai.

Dan, dengan alasan efisiensi waktu pula lah Yamaha mengumumkan mengenai pemangkasan jumlah lap. “Jumlah lap kita potong dari 15 lap jadi 10,” kata Supriyanto, Manager Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Hal tersebut disampaikan olehnya setelah berunding dengan pimpinan lomba final YCR 2014 setelah. “Nanti, kelas utama seperti YCR 1 sampai YCR 4 akan di depan. Sedangkan kelas pemula di belakang,” jelas Supriyanto.

Seluruh finalis YCR 2014 akan bertarung di trek Maguwoharjo berbentuk huruf U yang panjangnya 975 meter dan lebar 6-10 meter. Di seri pamungkas ini juga ada dua kelas tambahanyaitu YCR 7 (Mio GT Standar Tune Up Racing School) dan YCR 8 eksebisi (Jupiter Z1 Tune Up 130 cc Open).

Khusus YCR 8, para pebalap juga diperbolehkan membejeg motor bawaan mereka sendiri.