0
1529

Valentino Rossi, Aktor Dibalik Lahirnya YZF-R1 2015

GILAMOTOR.com – Tidak salah jika Yamaha menyatakan lahirnya YZF-R1 2015 terinspirasi dari kuda besi mereka di balap MotoGP. Beberapa detailnya pun dianut dari YZR-M1 yang menjadi tunggangan andalan Valentino Rossi.

pada peluncuran YZF-R1 di EICMA, Milan, Italia kemarin (3/11), Yamaha menyajikan sebuah TVC yang memperlihatkan sosok VR46. Bukan tanpa alasan, selain menjadi model iklan Rossi juga terlibat dalam pengembangan motor balap jalanan tersebut.

“Aku sudah melakukan pengujian rahasia tahun lalu dan sangat menikmatinya. Aku juga penasaran ingin terus bisa mengembangkan R1 agar bisa sehebat Yamaha M1 milikku. Terima kasih karena aku dilibatkan disini,” kata Rossi di sela peluncuran.

Generasi terbaru R1 yang hadir dalam dua versi yaitu YZF-R1 dan YFZ-R1M diklaim menjadi motor balap jalanan yang sarat dengan teknologi terbaik. Ini dikatakan mampu memberikan keseimbangan yang dinamis, baik antara pengendara maupun motor.

Ini diungkap langsung oleh Hiroyuki Yanagi, Presiden and Chief executive Officer Yamaha Motor co. “YZF-R1 dibangun dengan teknologi balap Yamaha. Kami yakin R1 akan menjadi pemimpin di kelasnya dengan teknologi yang dipunyai,” tutup Yanagi.

Yamaha YZF-R1 dibekali mesin crossplane 998cc dengan conrod titanium berkemampuan 200hp. Sedert fitur juga disematkan pada motor ini. Terutama sistem inertial measurement unit (IMU) akan bekerja untuk beberapa sensor seperti banking-sensitive Traction Control, Slide Control dan Anti-Wheelie Control. Selain itu, ada juga ABS, lift control, power modes dan quick shifter.

Penggunaan sasis deltabox asimetris berbahan aluminium dengan wheelbase pendek juga diklaim akan memudahkan sang penunggang YZF-R1 2015. Apalagi dirinya (R1) dibekali material yang ringan. Sebut saja sub frame magnesium, tangki aluminium dan velg yang juga terbuat dari magnesium. Alhasil, bobot tubuh YZF-R1 terbaru ini hanyalah 199 kg. Lebih ringan 7 kg dari R1 sebelumnya.

Untuk YZF-R1M lebih komplit karena sudah menggunakan suspensi balap elektronik buatan Ohlins, data logger yang terintegrasi dengan GPS. perangkat tersebut juga bisa terkoneksi dengan smartphone atau gadget.

YZF-R1 kabarnya akan dijual dengan harga US$ 16.490 atau setara Rp 199 juta. Sementara YZF-R1M akan dipasarkan US$ 21.990 atau sekitar Rp 266 juta.