Photo : Aspalt & Rubber
0
1335

Yamaha Rilis Generasi Terbaru YZF-R1, Ada Dua Pilihan!

GILAMOTOR.com – Langkah Yamaha untuk menggemparkan industri roda dua dunia terjadi di gelaran EICMA, Milan. Pabrikan garpu tala ini merilis generasi terbaru YZF-R1 yang diklaim bakal memenuhi hasrat pecinta kecepatan.

Video teaser yang sebelumnya dimunculkan jelas mengundang pertanyaan seputar perubahan YZF-R1 edisi 2015. Benar saja, evolusi yang signifikan pun terjadi pada dirinya dimana desainnya kini terlihat lebih modern dari generasi R1 terdahulu.

Pada fairing depan tampak dua buah head lamp jenis LED yang mengapit air intake. Desain lubang udara di tengah ini diklaim terinspirasi dari tunggangan Yamaha di MotoGP, YZR-M1.

Yamaha-YZF-R1-2015-2
Fairing YZF-R1 2015 juga tidak sepenuhnya menutup bagian samping. Celah di sisi kanan dan kiri tersebut jelas akan membantu membuang hawa panas dari dapur pacunya. Mesin crossplane 998cc yang kini sudah menggunakan conrod titanium itu juga dipercaya sanggup memuntahkan tenaga hingga 200 hp.

Motor yang katanya turut dikembangkan oleh dua pebalap Yamaha yaitu Velentino Rossi dan Jorge Lorenzo ini juga punya fitur baru. Sistem inertial measurement unit (IMU) akan bekerja untuk beberapa sensor seperti banking-sensitive Traction Control, Slide Control dan Anti-Wheelie Control. Selain itu, ada juga ABS, lift control, power modes dan quick shifter.

Penggunaan sasis deltabox asimetris berbahan aluminium dengan wheelbase pendek juga diklaim akan memudahkan sang penunggang YZF-R1 2015. Apalagi dirinya (R1) dibekali material yang ringan. Sebut saja sub frame magnesium, tangki aluminium dan velg yang juga terbuat dari magnesium. Alhasil, bobot tubuh YZF-R1 terbaru ini hanyalah 199 kg. Lebih ringan 7 kg dari R1 sebelumnya.

Yamaha-YZF-R1M-2015
Nggak cuma satu, Yamaha bahkan memberikan pilihan kepada calon konsumennya yaitu YZF-R1 dan YZF-R1M yang merupakan varian tertinggi. YZF-R1M lebih komplit karena sudah menggunakan suspensi balap elektronik buatan Ohlins, data logger yang terintegrasi dengan GPS. perangkat tersebut juga bisa terkoneksi dengan smartphone atau gadget.

YZF-R1 kabarnya akan dijual dengan harga US$ 16.490 atau setara Rp 199 juta. Sementara YZF-R1M akan dipasarkan US$ 21.990 atau sekitar Rp 266 juta.