Photo : Gilamotor.com/Ghalib
12
4751

Harley Davidson Street 500, Daily Use Tanpa Menghilangkan Sejarah

GILAMOTOR.com – PT Mabua Motor Indonesia menunjuk Sirkuit Sentul International Karting, Jawa Barat sebagai lokasi first ride Harley Davidson Street 500. Tentu saja mereka punya visi kenapa membiarkan keluarga baru Harley Davidson ini mengaspal di lintasan balap.

“Kami mengajak media untuk mencobanya di sini dan berharap bisa mendapatkan feedback dari anda,” ujar Irvino Edwardly, Director Sales & Marketing PT Mabua Motor Indonesia, kemarin (22/2/2015).

Dilihat dari karakter sirkuit yang kecil untuk badan sebesar Street 500, pasti bukan soal performa yang ingin ditonjolkan distributor Harley Davidson tersebut. Urusan handling jelas menjadi fokus tes kali ini.

Apalagi, Vino menegaskan Street 500 sangat ideal untuk dipakai harian alias daily use. Ini bisa jadi solusi dari ‘keluhan’ seputar moge asal Amerika Serikat itu.

Bahkan, Vino begitu yakin Street 500 bisa memberikan nuansa baru di keluarga Harley Davidson. “Dan, Street 500 sangat cocok untuk urban living karena kompak, kecil dan berpendingin cair. Jadi, lebih dingin tidak seperti motor Harley lainnya,” jelas Vino.

Harley-Davidson-Street-500-Test-Ride-Bodi-1
Secara desain, tubuh Street 500 terlihat lebih modern. Namun, pihak pabrikan tak ingin menghilangkan sejarah Harley Davidson yang dikenal punya usungan desain simple.

Hal itu berlanjut pada riding position. Ketinggian jok ke tanah yang hanya 709mm membuat pijakan kaki ke tanah begitu kokoh. Jangkauan tangan ke setang juga sangat mudah dimana GILAMOTOR.com juga dihadapkan pada speedometer LCD untuk membaca informasi seputar motor.

Setelah menyalakannya dengan electric starter, suara yang dikeluarkan Street 500 memang kalah garang dari varian Harley Davidson lainnya. Namun, ada potensi lain yang tampak wajib dieksplorasi dari mesin V-Twin Revolution X berkapasitas 494cc miliknya ini.

Dan, nuansa khas cruiser Harley Davidson juga masih kental terasa lantaran menggunakan setang yang cukup tinggi ditunjang suspensi depan teleskopik berukuran 37mm.

Harley-Davidson-Street-500-Test-Ride-Bodi-2
GILAMOTOR.com mendapatkan kesempatan menjajal Street 500 dalam 3 lap. Putaran pertama dimanfaatkan untuk merasakan karakter motor mulai dari rem dan tenaga.

Sementara, lap kedua dijadikan ajang untuk merasakan handlingnya. Dengan bobot tubuh 218 kg, GILAMOTOR.com tampak menikmati pengendalian motor bertenaga 25 kW dan torsi 50 Nm di trek berkarakter rolling speed tersebut.

GILAMOTOR.com membayangkan motor ini sangat nyaman jika dibawa riding di jalan raya. Pengendara Street 500 juga tidak akan berpikir takut lantaran dimensi tubuhnya hanya 2225mm (panjang), 820mm (lebar) dan tinggi (1058mm).

Namun, Jusri Pulubuhu dari Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) mengingatkan lining harus benar. “Perhatikan in dan out dengan benar. Dengan begitu, kenyamanan bisa lebih terasa,” katanya.

Satu lagi keunggulan Street 500 adalah karena dirinya memiliki ground clearance 145mm. Ini disebut lebih tinggi dibanding varian Harley Davidson lain. Tertarik, silahkan tebus Street 500 dengan harga Rp 219 juta (off the road).

12 COMMENTS