5
3060

Offroad Pakai Ban Super Moto? Luar Biasa! 

Saat berbicara tentang adventure off-road, apa sih yang terlintas dibenak Gilmoters? Pasti tidak jauh dari lumpur, becek dan lelah kan? Ya, itulah yang dilakukan beberapa kawan komunitas GilaMotor Surabaya bersama dengan komunitas trail WATS serta Bro Rahmat, adventurir yang sudah hapal luar kepala jalur Desa Geger Arobaya, Bangkalan Madura.

20161106_132903_resized

Ketika hendak melintasi jalur adventure off-road, Bro Rahmat yang sehari-hari bertugas sebagai anggota kepolisian ini menilai jalur yang akan dilewati memiliki tingkat kesulitan yang biasa bahkan cenderung cocok untuk offroader pemula. Oleh karena itu, Mamad dari komunitas GilaMotor Surabaya dan beberapa teman komunitas yang bergabung kali ini, menggunakan motor supermoto yang memiliki spesifikasi kaki-kaki serta mesin motor trail, namun menggunakan ban aspal alias on road.

20161106_133419_resized

Walhasil, para peserta off road ini menjadi setengah gila saat menjinakan jalur. Karena salah pilih ban, tidak sedikit diantara mereka yang terpleset masuk kali dan sawah serta tidak kuat menanjak. Apalagi jenis tanah yang mereka lewati memiliki karakter yang licin apabila terkena air.

“Kalau tahu jalurnya seperti, ini ya memang harus pakai ban tahu atau ban pacul. Kirain jalurnya seperti adventure turing saja, yang banyak melewati aspal rusak, bebatuan, pasir krikil dengan jalur yang lebar-lebar. Ternayata salah duga,” jelas Mamad.

IMG_20161106_122442_resized

So Gilmoters, lebih baik kita menyiapkan motor terlebih dahulu sesuai dengan karakter jalur yang akan dilalui. Apalagi jalur adventure. Tidak ada salahnya kok langsung menggunakan ban pacul. Toh jenis ban tersebut juga bisa digunakan untuk jalur aspal saat menuju ke destinasi adventure, meskipun memang rasa getar tetap akan timbul ketika kita riding. Yang penting selalu berhati-hati.

Penulis: Mamad

5 COMMENTS