Naik Motor Musim Hujan
0
2748

Jangan Lupa Merawat Motor Saat Musim Hujan, Ini yang Perlu Dicek

GilaMotor.com – Sebelumnya Bang Gilmot sudah membahas tentang bagaimana cara mengatasi bila oli motor tercampur dengan air. Suatu hal yang mungkin saja terjadi saat motor kebanjiran. Nah, pada musim hujan seperti sekarang, motor memang memerlukan perhatian ekstra, Gilmoters.

Semua itu perlu dilakukan demi keselamatan dan kenyamanan diri sendiri selama di jalan raya. Lalu, bagaimana sebenarnya cara merawat motor saat musim hujan? Informasi selengkapya bisa Gilmoters lihat pada penjelasan di bawah ini.

1/ Mengecek ketebalan ban

Dengan air yang menyelimutinya, jalanan menjadi lebih licin pada saat musim hujan. Untuk itu kita perlu mengecek kondisi ban motor, Gilmoters. Kita perlu mengecek ketebalannya sehingga bisa dilihat apakah ban tersebut masih layak digunakan atau tidak.

Ada dua cara untuk mengeceknya, Gilmoters. Pertama kita bisa menggunakan uang koin yang diselipkan di antara celah pola-polanya. Dari situ kita bisa melihat seberapa tebal karet yang tersisa. Idealnya, ketebalan yang aman adalah 2 mm untuk mendapatkan cengkraman di jalanan basah.

Cara kedua ialah dengan melihat Tread Wear Indicator (TWI), berupa sebuah benjolan karet kecil yang berada di celah pola ban. Bila permukaan ban sudah sejajar dengan TWI, artinya sudah waktunya ganti.

2/ Rajin bersih-bersih

Cipratan air kotor, bahkan hingga lumpur adalah hal yang lumrah menempel di motor. Masalahnya, kotoran-kotoran tersebut bukan hanya menggangu penampilan motor. Melainkan juga performnya, terutama untuk motor yang menggunakan drive chain alias rantai.

Untuk itu sebaiknya kita lebih rajin menengok kondisi rantai motor, Gilmoters. Kalau rantai sudah terlihat kotor dan nggak enak dipakai, langsung saja dibersihkan. Dan jangan lupa juga untuk menggunakan chain lube.

3/ Periksa kondisi rem

Poin selanjutnya yang nggak kalah penting untuk selalu diperiksa ialah rem. Guyuran hujan dan kondisi jalanan yang basah ada kemungkinan menurun efektifitas rem dalam mengehentikan laju kendaraan. Untuk jaga-jaga di jalan, sebaiknya berkendara dengan selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan dan tidak melaju terlalu kencang, Gilmoters.

Itulah beberapa bagian motor yang perlu selalu dicek selama musim hujan. Tapi ingat Gilmoters, berkendara menembus hujan bila terpaksa saja. Karena hujan-hujan enaknya melipir untuk menikmati kopi panas.