0
1154

Duel Desain, Piaggio Group Menang Dari Perusahaan China

 

Gilamotor.com – Piaggio Group (PIA.MI) selaku perusahaan induk Vespa dan Piaggio berhasil memenangkan duel desain motor yang mirip produk Vespa Gilmoters.

Kejadian ini sudah berlangsung sejak EICMA 2019 di Milan, yang mana motor dengan desain mirip Vespa Primavera diturunkan oleh pihak berwenang pusat pameran Fiera setelah keluhan diadukan oleh Piaggio.

(Baca juga: Bikers Indonesia Diganjar Karantina Saat Touring di Argentina)

Dan akhirnya kasus ini berlanjut hingga akhirnya desain yang didaftarkan pihak Cina, yang digunakan untuk menjustifikasi produksi skuter yang serupa dengan Vespa telah dinyatakan tidak sah oleh divisi ketidakabsahan dari Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa atau European Union Intellectual Property Office (EUIPO).

Divisi ketidakabsahan EUIPO menganulir pendaftaran desain tersebut karena “tidak mampu memancing kesan umum yang berbeda sebagaimana didapatkan dari desain terdaftar” Vespa Primavera, dan pendaftaran tersebut merupakan sebuah usaha yang melanggar hukum dalam mereproduksi elemen estetika dari skuter Vespa yang terdaftar Gilmoters.

Vespa Primavera dilindungi oleh desain yang didaftarkan oleh Piaggio Group pada 2013, oleh merek dagang tiga dimensi dari skuter Vespa dan oleh hak cipta yang melindungi nilai artistik dari bentuk Vespa, yang telah menjadi ikon gaya sejak 1946.

Pemeriksaan perkara pembatalan keabsahan ini merupakan bagian dari kegiatan anti-pemalsuan yang terus dilakukan Piaggio Group selama bertahun-tahun, termasuk pemantauan terus menerus terhadap basis data dari desain dan merek dagang yang terdaftar secara internasional.