5 Motor Cafe Racer Legendaris - Royal Enfield Continental GT
0
329

Alasan Penempatan Rem, Gas, Knalpot, Standar Yang Jarang Diketahui

Gilamotor.com –┬áPernah tidak dari Gilmoters terpintas pertanyaan – pertanyaan receh seputar motor yang mungkin jawaban nya jarang diketahui banyak orang, seperti penempatan rem di kanan, gas di tangan, knalpot di kanan, standar samping di kiri?

Mungkin Gilmoters sendiri belum tau jawabannya? supaya kalian tidak penasaran dan bisa tidur pules Bang Gilmot punya jawabannya dari beberapa sumber nih.

Perkembangan motor dari tahun ke tahun terus diperbarui namun ada beberapa penempatan yang tidak berubah. Bukan berarti tidak bisa diubah melainkan beberapa faktor yang jadi pertimbangan diantaranya:

– Rem dan Gas

Photo: Gilamotor/Ilham

Posisi rem dan gas yang terletak di sebelah kanan pada motor cub dan sport lebih pada kebiasaan manusia yang menggunakan bagian kanan Gilmoters, sementara untuk kalian yang kidal tentunya akan lebih lama untuk melakukan penyesuaian.

– Letak Knalpot

Sementara untuk posisi knalpot yang berada di kanan lebih pada faktor keselamatan pengendara. Karena biasanya pengendara motor naik dan turun motor dari kiri sehingga terhindar dari hawa panas knalpot.

Begitu juga saat kalian berhenti, Safety Engineering BOC India Ltd Ramesh Kumar Wali mengatakan ketika motor berhenti kaki kiri lebih dulu turun untuk meyeimbangkan. Hal ini juga dianjurkan oleh instruktur safety riding di Indonesia.

– Letak Standar Samping

Penempatan standar samping di sebelah kiri diambil dari era dimana kendaraan saat itu masih kuda Gilmoters. Yang mana saat ini para penunggang kuda melambungkan kaki kanan untuk naik dan turun dari kuda.

Dan berkembangnya zaman sampai ditemukannya sepeda dan motor kebiasaan ini terus dilanjutkan dengan menepatkan posisi standar di sebelah kiri.

Disaat itu Inggris menjadi negara dengan pabrikan motor terbanyak dan terlaris, jadi tentunya ini menjadi pengaruh besar terhadap penempatan standar samping motor Gilmoters.

Jadi Gilmoters sudah bisa tidur pulas dong dengan jawaban yang kemarin belum kalian ketahui ini.