0
319

Test Ride Vespa S 125 i-get: Solusi Untuk Kaum Urban, Tetapi?

Gilamotor.com – Gilmoters yang rutin melakukan aktivitas sehari – hari dengan menggunakan motor tampaknya harus coba melihat motor anyar dari Vespa S 125 i-get dengan segala pembaharuannya Gilmoters.

Beberapa waktu lalu Bang Gilmot mendapat kesempatan untuk mencoba motor dengan harga Rp 39 juta (on the road DKI Jakarta). Jalur test ride memang sudah ditentukan yaitu jalur padat di pusat Ibukota seperti SCBD – Sudirman – Singsingamangaraja – Tirtayasa.

(Baca juga: Lima Motor Andalan Tentara Perang Dunia ke-2)

Sempat ngga yakin dengan bahasa sales yang selalu mengatakan setiap produknya bagus akhirnya Bang Gilmot bersiap untuk riding dengan apparel harian yang lengkap.

Tetapi sebelum riding Bang Gilmot coba menilai motor ini dari penampilan terlebih dulu Gilmoters. Motor skutik Vespa S 125 i-get masih menjual nama Vespa yang sudah sejak lama hadir menjadi kendaraan masyarakat di Indonesia.

Secara penampilan tentunya berbeda dengan skutik Jepang pada umumnya yang sering Gilmoters temui di jalan. Jadi satu nilai plus bagi Vespa S 125 i-get dalam hal penampilan retro terlebih saat ini sudah ada beberapa pembaharuan mulai dari kelir grafis hitam di beberapa bagian velk, spion dan bodi.

Namun sayangnya saat ini spion yang digunakan tidak meningkatkan kesan motor premium lagi Gilmoters. Sementara dari pembaharuan fitur Bang Gilmot rasa kaum urban sangat membutuhkan fitur fitur ini, seperti gantungan dengan model ring di bawah setang, dan satu gantungan tersembunyi tepat di bawah jok. Walaupun di dalam jok masih terdapat bagasi penyimpanan yang cukup luas.

Kini instrumen layar sudah digital LCD dan Gilmoters sudah lebih mudah melihat rpm kecepatan, indikator bensin, odometer, lampu sein, dan sejumlah informasi lainnya. Dan kini terdapat USB port pada bagian sisi kiri walaupun menjadi kebutuhan saat ini sayangnya USB Port tidak dikemas dengan baik sehingga penempatan hp saat melakukan pengisian bisa mendapat tempat yang aman dan tidak mengganggu.

Untuk urusan mesin Vespa S 125 i-get sudah mengalami ubahan settingan sayangnya pihak Piaggio Indonesia enggan menjelaskan secara rinci, dan kesimpulan saat mencoba motor 124,5 cc berdaya sebesar 10,2 daya kuda @ 7.600 rpm dan torsi 10,2 Nm @ 6.000 rpm benar – benar terasa beda dan cocok untuk kalian gunakan di dalam kota Gilmoters.

Tarikan awal¬†yang responsif dan halus alias sudah tidak ada lagi getaran awal, berkat pembaharuan settingan pada Vespa S 125 i-get. Tetapi Gilmoters tidak bisa berharap banyak untuk tariakan atas, dan ini menjadi kewajaran disetiap motor matic yang digunakan untuk harian. Berbeda dengan settingan untuk balap loh, dan yang pasti settingan Vespa S 125 i-get kini sangat cocok untuk menghadapi karakteristik jalanan ibukota yang banyak ‘stop n go’.

Bang Gilmot setuju dengan masukan dari salah satu jurnalis yang mencoba bersamaan diwaktu yang sama, yaitu persoalan penempatan posisi tombol klakson lebih menjorok ke dalam sehingga sedikit menyulitkan untuk ditekan, dan tombol starter menjorok ke luar.

Dengan harga masih di bawah Rp 40 juta tentunya motor retro anyar Vespa S 125 i-get bisa menjadi pilihan dengan beberapa warna seperti warna Blue Vivace, Black Vulcano dan Grey Titanio.