0
594

Usai 2 Dekade Prestasi Tim Suzuki Berhasil Dipecahkan Joan Mir

Gilamotor.com – Balap seri MotoGP Catalunya tentunya menjadi prestasi baru bagi tim Suzuki Ecstar MotoGP yang sukses menempatkan dua pembalap kebanggaannya di posisi dua dan tiga.

Ternyata disamping prestasi itu ada yang lebih membuat tim Suzuki Ecstar MotoGP bangga Gilmoters, Joan Mir pembalap kelahiran Spanyol, dengan usia 23 tahun berhasil memecahkan prestasi pebalap Suzuki pertama yang mencapai prestasi seperti ini sejak tahun 2000.

(Baca juga: Finis Ke-6 Takaaki Nakagami Jadi Sorotan)

Joan Mir dan Alex Rins sukses memberikan penampilan terbaik di kandang mereka. Tentunya butuh perjuangan panjang Gilmoter, pasalnya sejak awal race trio Yamaha menguasai jalannya race. Ditambah lagi kedua pembalap Suzuki berada di posisi start ke-8 dan ke-13.

Melewati rival satu demi satu dengan aksi overtaking membuat Joan Mir pembalap kelahiran 1997 ini menempatkan posisi 2 usai Valentino Rossi terjatuh dan mengasapi Franco Morbidelli.

“Balapan yang cukup sulit kali ini, terutama start dari baris ketiga. Itu berarti Anda harus mendorong di lap awal dan ini bisa sedikit berisiko. Saya mencoba untuk menghindari masalah dan menundukkan kepala sementara juga mengalahkan beberapa pebalap. Ketika saya berada di belakang Miller, saya tahu saya harus tetap bersamanya dan siap memanfaatkannya. Saya mendekati kemenangan hari ini, mungkin dengan beberapa lap lagi itu bisa terjadi, tetapi Fabio mengelola segalanya dengan sangat baik dan dia melakukan balapan yang hebat. Sangat menyenangkan bagi Suzuki untuk memiliki dua pebalap di podium setelah sekian lama dan saya sangat senang dengan pekerjaan hari ini!”. Cerita Joan Mir.

Sementara rekan satu timnya, Alex Rins kini cukup agresif mengawal rekan satu timnya menuju finis. Alex Rins mendapatkan ritme yang bagus saat pertengahan balapan dan dia bertekad untuk mengubah posisi balapan Top 5 menjadi podium Gilmoters.

“Kami sangat senang, ini adalah hari yang luar biasa dengan kedua pebalap kami naik podium! Ini adalah sesuatu yang sudah lama tidak terjadi dan perasaan yang luar biasa untuk mencapainya. Joan Mir mempertahankan tren yang sangat positif dan saya sangat senang untuknya. Saya juga sangat senang untuk Alex Rins yang melakukan performa hebat dalam balapan, terutama dari urutan ke-13 di grid dan beberapa minggu yang sulit. Kami akan merayakannya di dalam tim, dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah bekerja keras, para personel di sini, di rumah, dan di Jepang. Ini mungkin karena mereka”. Pungkas Davide Brivio, Manajer Tim Suzuki Ecstar MotoGP.