0
145

Sambut Hari Kartini, AHM Gelar Edukasi Kesehatan

Gilamotor.com – PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar edukasi kesehatan secara daring bagi kader Pos Layanan Terpadu (POSYANDU) dan masyarakat Desa Kalihurip, Karawang, Jawa Barat pada Rabu (21/4).

Kegiatan edukasi kesehatan merupakan bagian dari program POSYANDU Satu Hati yang dikembangkan AHM untuk mendukung peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya di posyandu daerah binaan Gilmoters.

(Baca juga: Presiden RI Resmi Buka Pameran Otomotif Pertama Saat Pandemi Covid-19)

Kegiatan Posyandu kali ini, para kader posyandu mendapatkan penyuluhan kesehatan seperti penanganan penyakit diare dan demam, serta pemulihan hidup sehat dalam mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM). Selain itu, para kader mendapatkan pengetahuan seputar masalah kehamilan seperti penanganan terhadap ibu hamil dengan Resiko Tinggi (RESTI) dan penanganan bayi dan BALITA.

Para kader yang mayoritas di isi oleh kaum hawa juga dibekali pengetahuan dalam memberikan pelayanan dasar di dalam posyandu seperti pelayanan penimbangan, pengukuran tinggi badan bagi balita melalui video tutorial. AHM juga memberikan edukasi melalui video animasi kesehatan untuk membentuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan makanan tinggi serat sebagai gaya hidup.

“Kami melihat inilah salah satu wujud nyata perjuangan Kartini masa kini, yaitu mengabdikan diri untuk kebaikan masyarakat luas. Kami mendukung upaya baik ini melalui gelaran edukasi yang dikemas menarik untuk meningkatkan kompetensi para kader. Kami berharap ini dapat memperkuat peran nyata mereka dalam kesehatan warga sekitar mereka,” ujar Ahmad Muhibbuddin, General Mananger Corporate Communication AHM.

AHM juga membagikan 3.465 paket Pemberian Makanan Tambahan (PMT) melalui 3 posyandu Desa Kalihurip kepada masyarakat sekitar. Kegiatan yang rutin dilakukan AHM ini menyajikan menu yang bervariasi berupa aneka panganan dan paket makanan siap santap. Sepanjang 2021, kegiatan PMT difokuskan pada buah dan sayur untuk membiasakan konsumsi serat di 1.000 hari pertama kehidupan yang dimulai sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun.

Dalam aktifitas Posyandu, para kader secara inisiatif memberikan informasi pemanfaatan Tanaman Obat dan Keluarga (TOGA) untuk masyarat dilingkungan desa Kalihurip sebagai bentuk pencegahan dan pengobatan penyakit secara ringan maupun tutorial pembuatan PMT yang bergizi bagi Ibu dan BALITA Gilmoters.