Cara Menghilangkan Kantuk Ketika Riding
Cara Menghilangkan Kantuk Ketika Riding. Foto: Shutterstock
0
989

Selama Puasa Ini Yang Bisa Bikers Persiapkan Saat Riding

Gilamotor.com – Bulan Ramadhan yang kini sedang dijalankan umat muslim tentunya bukan jadi alasan untuk Gilmoters dalam berkendara. Riding di saat berpuasa tentunya memberi tantangan tersendiri, khususnya konsentrasi yang berkurang, lantaran asupan makan dan minum dibatasi.

“Untuk di bumi Serumpun Sebalai ini naik motor roda dua menjadi kebutuhan wajib sebagian besar masyarakat untuk mobilitas sehari-harinya, apalagi di saat bulan puasa ini stamina kita harus fit agar aman dan selamat sampai di tujuan, maka dari itu kita akan sedikit berbagi panduan berkendara yang aman saat puasa,” ujar Oriansah. M selaku Instruktur Yamaha Riding Academy area Bangka.

Berikut beberapa tips berkendara saat puasa :

1.Konsumsi sahur yang bernutrisi

Ada beberapa hal yang membuat anda sering merasa lemas saat berada di luar ruangan, yaitu nutrisi yang kurang. Gilmoters diwajibkan untuk makan sahur dengan porsi yang cukup agar bisa mengisi tenaga selama 13-14 jam.

Gilmoters bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah yang mengandung banyak serat. Selanjutnya perbanyak buah dan sayuran agar pencernaan sehat. Jangan lupakan protein dari susu atau dari aneka jenis daging. Jangan lupa juga untuk minum air putih saat sahur agar tubuh tidak cepat dehidrasi.

2. Gunakan pakaian yang nyaman

Saat berada di luar ruangan, tubuh akan terpapar sinar matahari cukup lama. Kalau Gilmoters menggunakan pakaian yang tidak nyaman, tubuh bisa jadi mudah berkeringat. Kalian bisa gunakan jaket dengan warna yang netral, lalu pakaian yang digunakan di dalam juga tidak terlalu panas serta berbahan lembut seperti katun.

3. Istirahat 15 menit sebelum berkendara

Banyak umat muslim yang berpuasa cenderung memanfaatkan waktu istirahat di sela-sela pekerjaan untuk tidur. Tipsnya, setelah tidur sebisa mungkin jangan langsung berkendara dan jangan lupa juga untuk lakukan peregangan tubuh sebelum riding, agar kondisi badan tetap fit di perjalanan.

4. Sesuaikan kecepatan

Saat jam pulang kantor dan mendekati waktu berbuka, banyak pengendara terburu-buru untuk sampai rumah. Sudah sepatutnya, sebagai pengendara yang paham safety riding harus lebih berhati-hati Gilmoters. Atur kecepatan motor sesuai kondisi jalan. Bila menemukan kemacetan berkendaralah perlahan, tidak disarankan menyalip secara sembarangan.

5. Olahraga & istirahat yang cukup

Jangan lupa untuk berolahraga setiap harinya atau seminggu 3-4 kali. Pola hidup yang sehat memang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi saat berpuasa. Kita diharuskan untuk memenuhi kebutuhan tidur 6-8 jam setiap harinya.

“Utamakanlah keselamatan diri dan orang lain saat berkendara. Dengan melakukan panduan itu semua, Insya allah harapannya tubuh bisa terus dalam kondisi fit saat harus diajak berkendara sekaligus berpuasa,” ucap Oriansah.M.