0
19

Bersaing Dikelas Sport Fairing, Suzuki GSX R150 Punya Kelebihan Dan Kekurangan (Part 2)

Gilamotor.com – Melanjutkan pembahasan kelebihan dan kekurangan dari Suzuki GSX R150. Kini masuk di part 2, yang mana part ini akan membahas fitur, kelebihan dan kekurangan dari Suzuki GSX R150. Berikut ulasannya.

Fitur Suzuki GSX R150

Diawal pengenalan PT SIS secara bangga membawa Suzuki GSX R150 dengan beberapa fitur unggulan seperti Keyless Entry, yang mana fitur ini membuat pengendara lebih mudah ketika menyalakan dan mematikan motor tanpa harus mencolok dan mencabut kunci dengan berbekal remot. Untuk penerangan utama dibekali lampu LED berwarna putih, sementara untuk pencahayaan lain masih menggunakan lampu bohlam.

Dalam keadaan darurat Suzuki GSX R150 juga sudah dibekali lampu hazard, ditambah untuk sistem keamanan berkendara ada teknologi ABS yang bakal meredam saat pengereman dilakukan. Ditambah panel indikator speedometer yang sudah digital bisa membuat pengendara semakin mudah membaca informasi.

Namun sayangnya kompetitor juga sudah menggunakan fitur serupa pada produknya mulai dari lampu LED, panel indikator speedometer digital, fitur ABS, bahkan Honda CBR 150 R memiliki Emergency Stop Signal ketika pengereman mendadak.

Jika kita rangkum mulai dari desain, mesin dan fitur tentunya Suzuki GSX R150 bersaing ketat dengan kompetitornya, bermodal penjabaran diatas, tentunya ini menjadi senjata bagi Suzuki untuk merebut pasar motor sport fairing 150cc.

Tidak semudah yang dibayangkan pasalnya nama besar Honda CBR 150R dan Yamaha YZF R-15 sudah melekat dan terbukti dalam lintasan atau harian. Namun dari penjabaran diatas Gilmoters sudah menyimpulkan kelebihan dan kekurangan dari kompetitor diantaranya:

Kelebihan Suzuki GSX R150:

Harga

Dari pertama diperkenalkan hingga Juli 2021 Suzuki GSX R150 punya harga yang cukup terjangkau dikelas nya.

Perfoma

Berkat basis mesin injeksi dari Suzuki Saftria F 150FI, Suzuki GSX R150 bisa diandalkan di dalam lintasan dan harian, walaupun tenaga dari YZF R15 lebih besar sayangnya bobot dari motor ini mencapai 137kg dan ukuran ban yang terbilang lebar 100/80-17 ukuran depan dan 140/70-17 ukuran belakang. Sementara Suzuki GSX R150 berbobot lebih ringan yaitu 131 kg, ukuran ban depan 90/80-17 dan belakang 130/70-17. Jadi bukan masalah bagi Suzuki GSX R150 untuk bersaing di dalam lintasan dengan Yamaha YZF R15.

Kekurangan Suzuki GSX R150:

Tidak etis rasanya kalau Bang Gilmot hanya menjabarkan kelebihan dari motor ini, berikut kekurangan  Suzuki GSX R150, motor sport fairing ini terbilang motor yang boros, dengan hasil test dijalanan untuk 1 liter bensin hanya bisa menempuh 35,5 km, ditambah lagi kapasitas tangki yang hanya 11 liter membuat motor ini hanya bisa berjalan  kurang lebih 390,5 km dalam kodisi bensin terisi full.