0
565

5 Cara Motor Matik Murah Tapi Tampil Prima

Motor matik murah kini lebih banyak peminatnya ketimbang motor manual. Hal ini tentu karena cara berkendara dari motor matic yang jauh lebih praktis, nyaman, dan lebih irit bahan bakar.

Tak heran jika banyak pengendara yang menggunakan Motor matik murah sebagai motor harian. Terutama pada motor skuter matik alias skutik dengan spek mesin 110cc.
Motor skutik dengan spek 110cc saat ini masih menjadi favorit masyarakat umum di Indonesia untuk motor harian seperti untuk pergi belanja, berangkat sekolah atau kuliah, hingga kebutuhan lainnya.
Selain hal yang sudah disebutkan sebelumnya, alasan skutik 110cc sangat akrab dengan pengendara harian adalah harganya yang cukup ekonomis.
Namun salah satu kelemahan Motor matik murah adalah mesin yang mudah rewel jika tidak rajin service atau perawatan.
Patut menjadi catatan untuk pengendara setia skutic 110 cc. Sejatinya motor ini cukup awet umur mesinnya jika pengendaranya rajin melakukan service.
Apalagi untuk pergantian oli, menjadi hal yang cukup krusial dalam perawatan Motor matik murah.
Maka dari itu agar Motor matik murah tetap tampil prima dan mendukung keseharian pengendaranya, perlu perawatan yang optimal. Berikut merupakan 5 hal penting dalam perawatan motor matik.

1. Gaya berkendara

Ini merupakan hal yang pertama kali mesti kita perhatikan sebelum bicara soal mesin dan lain sebagainya. Jika gaya berkendara Anda memiliki potensi untuk merusak motor, maka hal tersebut perlu diubah. Mengingat mesin Motor matik murah cukup sensitif untuk gaya berkendara yang neko-neko.

2. Panaskan mesin saat ingin digunakan atau tidak

Ada baiknya jika motor mau digunakan entah itu dalam jarak jauh maupun jarak dekat. Bahkan tidak digunakan sekalipun. Memanaskan motor tetap menjadi hal yang krusial

Hal ini agar komponen internal di dalam mesin tetap mendapat pelumasan untuk mencegah terjadinya keausan serta menjaga kestabilan mesin agar tetap dengan performa optimal.

3. Periksa kelistrikan

Menjaga kualitas motor matik murah tidak hanya bicara soal mesinnya, kondisi kelistrikan pada motor juga menjadi bagian penting. Komponen kelistrikan mencakup seperti busi dan aki yang wajib mendapat pemeriksaan rutin dan penggantian secara berkala.

Hal ini mencegah terjadinya mogok pada motor terutama untuk perjalanan jauh. Jika hal tersebut terjadi tentu sangat merepotkan pengendara.

4. Periksa komponen CVT

Berikutnya yang harus mendapat perhatian rutin adalah pada bagian penggerak CVT pada motor. Seperti roller, van belt, kampas ganda, dan juga yang lainnya. Jangan menunggu sampai komponen tersebut mengalami keausan. Segera ganti jika kondisinya sudah cukup lama.

Jika lalai maka lagi dan lagi mogok bisa terjadi di tengah jalan hanya karena putusnya fan belt di tengah jalan. Hal ini yang menyebabkan motor bisa nyala namun tidak bisa untuk dijalankan.

5. Rutin ganti oli

Ganti oli secara berkala sudah menjadi hal wajib bagi semua motor. Tak terkecuali pada motor Motor matik murah. Hal ini ditujukan agar mesin tidak mudah karatan, adanya lumpur mesin, maupun terjadinya keausan yang bisa menyebabkan kerusakan cukup parah.

Jika mesin rusak karena tidak rutin mengganti oli maka bukan tidak mungkin motor akan turun mesin. Jika hal tersebut sudah terjadi maka bisa memakan biaya fantastis. Ganti oli direkomendasi pada patokan jarak 1000-1500 KM.