0
325

Mengenal 3 Fitur Utama HSTC Pada Motor Honda PCX 160

Teknologi yang semakin berkembang pesat di dunia ini sejalan dengan kemunculan kendaraan roda dua yang memiliki fitur semakin hebat.

Hal tersebut menjadikan para produsen roda dua Tanah Air berlomba untuk menciptakan beragam inovasi yang bisa menjawab kebutuhan para konsumen.

Tak terkecuali dengan pabrikan Honda yang hadir dengan berbagai hasil produksi motor unggulan. Dengan beragam fitur dan teknologi canggih yang mendukung pengendara dalam hal keamanan dan keselamatan berkendara yang juga semakin berkembang.

Salah satu fitur yang menjadi unggulan Honda ialah Honda Selectable Torque Control (HSTC).

Fitur ini telah disematkan pada motor terbaru Honda dengan jenis skutik moge. Yakni All New Honda PCX 160. Berikut adalah kegunaan dari HSTC pada motor terbaru Honda.

1. Fungsi dari HSTC yang bisa menyelamatkan pengendara
Fitur HSTC sejatinya memiliki fungsi untuk membatasi torsi mesin pada motor jika terdeteksi terjadi perbedaan antara kecepatan putaran ban depan dan ban belakang. Sehingga fungsi tersebut yang mencegah potensi terjadinya ban selip saat motor sedang dikendarai.

Fungsi yang sangat besar tersebut didapat bila pengendara juga memiliki gaya berkendara yang baik untuk motor.

Pada motor All New Honda PCX 160, cara kerja HSTC adalah sensor pada dua roda yang ada dapat mendeteksi jika terjadi perbedaan kecepatan putaran antara roda depan dan belakang.

Dimana sensor tersebut akan memberi informasi perbedaan perputarannya ke ECU, untuk kemudian ECU akan membuat Engine Torque Control (ETC) untuk menghentikan sementara sistem pengapian mesin.

Dengan otomatis kerja mesin akan terhenti sementara dalam jangka waktu sepersekian detik. Hingga penyaluran torsi mesin ke roda belakang akan terputus untuk menurunkan risiko selip yang berisiko untuk terjadi.

2. Terdapat cara untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur HSTC
Fitur HSTC pada motor terbaru Honda ini dapat diaktifkan atau tidak sesuka hati pengendara. Cara pertama, tekan SEL lalu pilih MODE, tunggu sampai muncul mode HSTC, lalu tahan pada tulisan SET untuk memilih ON/OFF pada fungsi HSTC.

Namun hal ini bukan tanpa syarat, HSTC dapat diatur hanya ketika motor dalam keadaan berhenti (Kontak / IGN – ON), HSTC tidak bisa dimatikan ketika motor sedang menyala, yang ditandai dengan indikator HSTC berkedip.

Juga setiap kali kunci kontak berada di posisi on, HSTC secara otomatis akan aktif dan tidak bisa dinonaktifkan.

3. Fitur canggih ini harus dibarengi dengan gaya berkendara yang baik
Hal ini bukan tanpa alasan, saat motor sedang melakukan pemanasan mesin. Dengan menurunkan standar tengah ditambah memutar gas tangan. Hal ini memungkinkan untuk lampu MIL atau Malfunction Indicator Lamp akan otomatis menyala.

Keadaan tersebut normal terjadi, karena sistem akan mengetahui jika terdapat perbedaan putaran yang signifikan antara roda belakang dengan roda depan.

Namun, seberapa pun canggihnya fitur dan teknologi untuk keamanan dan keselamatan berkendara ini. Tidak akan memberi efek maksimal jika pengendara tidak dibarengi dengan gaya berkendara yang baik untuk motor.

Selain terkait gaya berkendara yang baik, untuk mempertahankan kinerja maksimal teknologi canggih ini. Jangan lupa untuk rutin dalam perawatan berkala di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Agar semua fitur, teknologi, dan performa mesin yang canggih pada motor Honda PCX 160 ini selalu dalam kondisi terbaiknya.