3
2527

Honda Vario 125 CBS With ISS Tembus 76 Km Per Liter, Makin Irit Makin Ramah Lingkungan

GILAMOTOR.com. – Bicara masalah irit, motor Honda rajanya. Sudah terbukti dari jaman baheula, bro en sis. Nah, hari ini Rabu (10/4) PT Astra Honda Motor (AHM) mengajak beberapa awak media untuk kembali membuktikan keiritan konsumsi bbm produk terbaru mereka di acara ‘Fun Riding Vario 125 CBS with Idling Stop System” (ISS) di BSD City, Tangerang.

Sebelumnya, inovasi teknologi ISS ini diklaim bikin Vario 125 ISS jauh lebih irit dibanding Vario 125 generasi sebelumnya. Di fun riding ini akan dibuktikan keiritannya. Seberapa irit..? Irit banget bro en sis. Dari 18 motor yang diuji, rata-rata konsumsi bbm nya mencapai 62.3 km per liter bensin. Tapi ada lagi yang lebih irit, sampai 76,098 km per liter.

“Dengan menempuh jarak 15,5 km dengan 11 lampu merah kondisi jalan yang datar dan hujan konsumsi bahan bakar Vario 125 ISS ini menembus 76,098 km/liter,” tutur Manager Technical Training Departement Sarwono Edhi, di BSD City.

Lanjut Sarwono, teririt kedua tembus 67,66 km/liter dan posisi ketiga tembus 3.67,234 km/liter. Vario 125 CBS ISS tunggangan awak Gilamotor.com sendiri jadi teririt kedua dengan 67.66 km per liter. Dalam tes tersebut, kecepatan dipacu di 50 km per jam. Itu tergantung bobot juga, kebetulan bobot awak Gilamotor.com mencapai 77.5 kg. Jadi pinter-pinter mengatur bukaan gas dan kontrol rpm. Tapi awak media yang konsumsi bbm nya paling irit dengan 76,098 km per liter memacu Vario nya di kecepatan konstan antara 40-50 kpj dengan bobot tubuh jauh lebih ringan.

Untuk kondisi jalannya memang tergolong sepi dan rata. Fun riding ini hanya mengitari komplek perumahan di kawasan BSD City. Metode pengitungannya yakni full to full dengan berkendara sewajarnya. Teknologi ISS jadi salah satu pendukung keiritan Vario 125 CBS ISS. Soalnya, saat berhenti di lampu merah lebih dari tiga detik mesin akan berhenti secara otomatis. Jadi nggak ada bensin yang terbuang sia-sia dan polusi dari pembakaran pun bisa ditekan. Begitu lampu hijau menyala, tinggal puntir sedikit tuas gasnya dan mesin  kembali menyala. Teknologi ini cuma Honda saja loh yang punya. Dengan ISS, motor makin irit makin ramah lingkungan.

3 COMMENTS