0
460

Honda Kembalikan Gairah Lama Pada Motor Listrik Ini

Motor listrik perlahan hadir menjadi gaya bertransportasi, utamanya di ibukota. Beberapa kalangan masyarakat telah menjadikan motor listrik sebagai pilihan utama alat berkendara.

Munculnya motor listrik ini diawali dari produsen yang mulai menawarkan produknya dengan kelebihan tanpa mengeluarkan emisi.

Motor listrik terbilang masih baru untuk kancah otomotif. Para produsen motor listrik terbilang berani bersaing di industri otomotif modern ini. Karena di saat yang sama para penguasa pasar masih sangat sibuk dengan urusan dalam produksi motor konvensional yang selama ini kita gunakan.

Hingga saat ini aktivitas penguasa pasar soal motor listrik belum mencapai nama besar seperti motor konvensional. Mereka masih berada di tahap bisnis dalam bentuk penyewaan, hingga melakukan riset dengan menggandeng pengusaha lain bahkan pemerintah.

Para produsen motor listrik hingga saat ini belum menemukan kepastian komitmen investasi yang lebih serius. Namun baru-baru ini Honda mulai berani untuk melangkah lebih jauh untuk motor listrik

Motor terbaru Honda ini masih terinspirasi dari motor Honda yang sudah memiliki nama besar. Seperti Honda Monkey, Cub, dan Trail yang memang memiliki desain sangat megah.

Namun motor terbaru Honda tersebut kali ini memiliki gaya yang lebih sederhana. Mengingat hadirnya motor listrik ini dilatarbelakangi oleh semangat 1970-an.

Motor terbaru Honda  ini dibangun oleh startup konversi EV yang disebut Omega Motors. Motor listrik Honda ini mengemas unit penggerak 10 kW dari Golden Motor untuk kecepatan tertinggi 60 MPH dan jarak tempuh sekitar 30 mil.

Jadi dalam motor ini tidak ada dasar untuk mengusung teknologi yang benar-benar baru, karena bukan hal tersebut yang melatarbelakangi hadirnya motor listrik ini.

Honda menginginkan motor yang berkinerja seperti kendaraan listrik modern, tetapi konsisten dalam mencuri inspirasi dari emosi yang sama dengan sepeda motor yang telah diciptakan sebelumnya. Dengan tetap mempertahankan estetika dan futuristik.

Dorongan untuk melestarikan estetika tertentu juga mengarah pada apa yang bisa dibilang sebagai merekayasa tenaga motor terbaru Honda tersebut. Paket baterai 1,6 kWh buatan tangan yang dibuat khusus untuk Omega CB200.

Honda telah mempertimbangkan untuk memodifikasi motor bergaya lawas ini. Karena varian untuk yang ada kala itu sangat terbatas. Seperti pada varian e-bicycle kecil, atau besar dengan pengalaman berkendara yang benar-benar bisa mengecewakan pengendara.

Melihat detail pada motornya, semuanya adalah periode yang tepat tetapi ini bukan tahun 70-an seperti dul. Ini adalah gaya tahun 70-an yang dianggap lebih hebat dan tetap mempertahankan unsur estetik dan futuristik yang lebih.

Seperti livery pada tangki, jok yang serasi dengan kulit, penutup baterai aluminium buatan tangan, semuanya lebih hebat ketimbang generasi yang dulu. Tidak sampai disitu, bahkan penggunaan kontrol, tombol, dan dial masih asli. Semua itu berbicara tentang desain lawas dan apa yang akan didapat oleh para pengendara nantinya.

Namun spesifikasi motor listrik ini mungkin sedikit mengecewakan pada generasi kali ini. Karena dari 500 mil Lucid Airs dan 400 mil truk listrik Ford mainstream, tapi itu cukup baik untuk motor listrik keluaran tahun 70-an.

Selain itu, motor ini adalah contoh yang bagus tentang apa yang dapat dilakukan oleh beberapa orang didalam produsen yang sangat berbakat dengan alat dan waktu yang cukup.