0
571

Review Honda Grom 2022, Ketika Teknologi Canggih Bertemu Generasi Y

Sejak 2014, Honda telah menjual 750.000 Grom di seluruh dunia. Tidak mengherankan bahwa lebih dari 50.000 terjual setiap tahun di Thailand, tempat dimana Grom dibuat.

Tetapi diketahui belakangan ini bahwa dealer Honda di Amerika Serikat menggila dengan penjualan 8.000 hingga 10.000 unit setiap tahun. Angka tersebut sekaligus menjadikan negara adidaya tersebut sebagai pasar nomor dua untuk Grom.

Hal tersebut menarik para pecinta motor skutik untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai motor terbaru Honda tersebut. Itu adalah angka-angka yang kemungkinan membuat Grom menjadi salah satu motor skutik terlaris di Amerika.

Pada 2014 menjadi awal kesuksesan penjualan motor ini. Hal tersebut ditandai dengan sebagian besar kesuksesan disebabkan oleh antusias komunitas yang tumbuh di sekitarnya. 

Jadi bukan hanya dari aftermarket yang kaya dimana pengendara bisa mendapatkan apa saja untuk motor ini. Mulai dari bodywork untuk motor dan swingarm aluminium hingga kit turbo.

Kehadiran komunitas besar dan suportif, dengan memiliki agenda pertemuan dan acara sepanjang tahun dan hampir luas seantero AS. Mungkin menjadi alasan kuat mengapa Honda memilih untuk memamerkan model Grom 2022 yang telah diperbarui di acara Barber Small Bore 2021.

Honda ingin memamerkan koleksi kepada penggemar Grom ini. Sekaligus juga ingin menyoroti perubahan yang dilakukan pada model motor terbaru Honda tersebut yang terlebih dahulu sudah diperkenalkan di Eropa untuk edisi 2021.

Selain memiliki ikatan yang baik dengan komunitas, Honda ingin membangun kualitas terbaik motornya. Mulai dari biaya pengoperasian dan pembelian yang rendah, kemudahan perawatan, penggunaan untuk pengendara baru, dan kemampuan adaptasi.

Motor ini menunjukan perubahan terbesarnya, dengan transmisi mendapat gigi kelima sehingga dapat sepenuhnya memanfaatkan sproket belakang 38 gigi baru dan memiliki penyebaran tenaga yang lebih luas. Lalu sekarang setelah sekian lama tanpa filter oli, kali ini terdapat filter oli bergaya kartrid sehingga tidak perlu melepas penutup samping untuk membersihkan pemintal oli.

Untuk berjaga-jaga jika pengendara tahu bahwa ia memiliki pemintal oli. Itu seharusnya memudahkan pengendara baru untuk mempelajari tugas perawatan sederhana.

Perubahan juga terjadi pada styling, rem, tangki bahan bakar dan jok. Bodywork sekarang lebih mudah dilepas, dengan enam sekrup besar di setiap sisi. Lalu pada tangki bensin mendapat tambahan 0,14 liter, untuk kapasitas 1,59 liter.

Untuk suspensi tidak berubah, tetapi rem depan dua piston 220mm sekarang menawarkan ABS depan yang ditingkatkan. Dilengkapi dengan IMU yang mendeteksi pengereman lebih proporsional ketika roda belakang ringan atau keluar dari tanah.

Juga yang bermanfaat untuk pengendara baru adalah indikator posisi gigi yang terpasang di layar LCD baru. Fitur tersebut juga menunjukkan tingkat bahan bakar yang digunakan, MPG, dan tripmeter ganda.

Untuk berkendara di jalanan, terutama pada kecepatan yang lebih rendah, Grom boleh sedikit disamakan dengan sepeda motor yang lebih besar. Menjadi salah satu keuntungan ketika kontur jalan tidak mendukung, guncangan depan dan belakang berfungsi dan menjaga roda tetap di tanah. Motor juga tidak terasa goyah atau kurang redaman bahkan di tikungan kecepatan tinggi.

Efektivitas rem juga menjadi sorotan disini, dengan hanya memerlukan 227 pound untuk memperlambat. Namun untuk berkendara di kota dan jalan dua lajur yang sepi, itu sudah bisa untuk membuktikan kenyamanan berkendara pada motor terbaru Honda tersebut.