0
605

Skuter Adventure Honda ADV150: Titan Mungil Dengan Gaya Kolosal

Segmen ADV pada motor terbaru Honda sudah sangat panas, dengan skuter mulai beraksi. Kali ini kita akan membahas soal motor terbaru Honda dengan tipe adventure, baik itu untuk on road dan off road.

Motor terbaru Honda yang satu ini memang belum rilis di pasaran roda dua Tanah Air. Namun agar penggila motor tidak hanya paham soal pasaran motor di Indonesia saja. 

Motor yang satu ini populer di Amerika Utara namun di Eropa lebih berjaya. Sama seperti di Indonesia, skuter disana menjadi transportasi ADV yang menyenangkan, praktis, dan mengasyikkan.

Jika kita berbicara soal keunggulan skuter, maka jenis motor ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan sepeda motor tradisional. Pusat gravitasi yang rendah, efisiensi bahan bakar yang luar biasa, kenyamanan, handling yang gesit, dan perlindungan pengendara yang baik menjadi hal yang utama.

Tapi apa yang membuat ADV150 menjadi pilihan kita untuk dibahas?. Utamanya adalah pada daya dan performa yang ditawarkan ADV150.

Honda ADV150 memberikan kenyamanan dengan daya dan performa yang ditawarkan, apalagi untuk daya jelajah antara 45-55 mph. Sudut yang sempit saat tikungan adalah titik kenyamanan dengan handling yang sangat netral dan dapat diadaptasi.

Sebagian besar kenyamanan berasal dari pusat gravitasi rendah sepeda dan ban gaya IRC Trail Winner 80/20 yang seimbang. Trail Winner mampu memberikan traksi yang layak, performa baik, dan menyesuaikan aspal.

Motor terbaru Honda ini dapat bertahan dengan baik di permukaan hujan yang lembab juga. Bahkan untuk permukaan berpasir yang licin.

Motor ini dilengkapi dengan injeksi bahan bakar torsi 150cc bekerja dengan baik terutama pada roda belakangnya. Motor yang tenang dan efisien ketika harus bekerja setiap saat, bahkan dalam suhu musim dingin.

Sekitar 220-lb berat motor terbaru Honda ini, namun mampu melaju lebih dari 60 mph pada permukaan aspal dengan kontur datar. Butuh waktu sekitar 20 detik untuk mencapai kecepatan tertinggi itu, tapi itu cukup stabil.

Meskipun bisa melaju lebih cepat namun karena motor ini diatur secara elektronik. Maka kecepatan tinggi pada kendaraan ukuran ini bisa menjadi bencana besar bagi pengendara. Apalagi jika gaya berkendaranya tidak ramah.

Dengan pengendara yang memiliki bobot tubuh lebih ringan, motor ini akan terasa jauh lebih cepat plus ada banyak ruang untuk bagasi.

Desain ADV150 terinspirasi dari pasar roda dua di Asia, tepatnya Filipina dan negara kita tercinta, Indonesia. Desain dengan pilotnya cenderung lebih kecil dan untuk penggunaan skuter harian. Dengan seperti ini akan sangat membantu perjalanan di jalan yang padat, kacau dan sering rusak. 

Banyak skuter tradisional memiliki kerangka gaya “underbone” yang memungkinkan mereka untuk benar-benar melaju lebih cepat. Selain lebih nyaman, bentuk busurnya juga tidak sekuat itu.

Solusi dari Honda untuk ini adalah bingkai duplex-cradle yang memiliki satu set tabung atas. Ini menciptakan tipe berkendara yang sangat kaku yang memberikan kemungkinan untuk berkendara dengan sikap sporty di jalan.

Pengereman pada tuas tangan ganda dengan rotor 240mm berkemampuan ABS depan terasa positif dan cukup untuk pengendara dengan bobot lebih berat.

Pada motor terbaru Honda ini dipasangi rem tromol mekanis di belakang dengan 130mm dan dapat dikunci sesuka hati. Membuat jalan di area berkerikil sangat memudahkan. Untuk model 150cc premium harga ditaksir sekitar Rp 57 Juta.