0
346

2 Cara Bore Up Vario 125 Ke 150, Ternyata Mudah!

Karena harganya yang cukup terjangkau, Honda Vario 125 banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Punya mesin berkapasitas 125cc, motor matic ini memiliki tenaga sebesar 11,1 HP. 

Untuk sebagian orang, tentu tenaga tersebut sudah lebih dari cukup. Apalagi kalau melihat fungsi utama dari motor matic itu sendiri yang sejatinya dibuat untuk kepraktisan dan bukan kecepatan.’

Namun bagi penggila otomotif, rasanya tenaga tersebut masih belum ideal dan dirasa masih ‘mungkin’ untuk dikembangkan. Buat kamu yang tertarik buat meningkatkan kecepatan dari Vario 125, kamu bisa mencoba beberapa cara, dengan pembelian aftermarket misalnya.

Hanya dengan membeli knalpot racing saja sebenarnya kamu sudah bisa meningkatkan kecepatan sebuah Vario 125. Sayangnya, peningkatan yang dirasakan tidak terlalu signifikan. Nah, buat kamu yang nggak puas dengan upgrade aftermarket saja, kamu bisa melakukan bore up.

Gak tanggung-tanggung, kapasitas mesin Vario 125 kamu bisa ditingkatkan sampai jadi 150cc! Gimana sih caranya bore up Vario 125 jadi Vario 150? Berikut ini ulasan lengkapnya!

Ganti Piston ke 58 MM
Untuk melakukan bore up, tentu kita perlu mengganti piston menjadi lebih besar. Piston bawaan Vario 125 sendiri memiliki ukuran sebesar 52,4 mm. Nah, buat kamu yang ingin bore up ke tenaga 150cc, ganti piston bawaan dengan piston miliki CS1 yang punya ukuran 58 mm. 

Mungkin kamu bertanya, kenapa gak pake piston Honda Vario 150 ya? Meski satu jenis motor yang sama, tapi diameter pin yang dimiliki kedua motor ini ternyata berbeda. Honda Vario 150 sendiri memakai 14 mm, sedangkan Honda Vario 125 memakai 13 mm.

Nah, kalau misalkan kamu ngotot buat pakai piston Honda Vario 150, kamu harus “nambal daging” ke tukang bubut. Masih bisa dilakukan sih, cuma untuk jangka panjang hal ini sangat tidak disarankan.

Besarkan Blok Silinder
Karena ukuran piston lebih besar, maka blok silinder pun harus dibesarkan. Caranya juga gampang kok, kamu cukup cari blok silinder Honda Vario 150. Gimana cara pasangnya? Karena ukurannya sama, jadi tinggal plug and play saja.

Selanjutnya, untuk head silinder, kamu juga bisa mencabutnya dari Honda Vario 150. Carilah copotan head silinder Honda Vario 150 yang masih terisi lengkap dengan noken as, pelatuk, dan lain-lain.

Kesimpulan
Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan bore up Vario 125 menjadi Vario 155. Nah, untuk membuat bore up kamu menjadi lebih maksimal, sebaiknya injector yang digunakan seharusnya diganti ke injector motor sport berkapasitas 150cc.

Gimana? Apakah kamu tertarik untuk melakukan bore up Vario 125 ke Vario 155? Sebelum melakukannya, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu resiko dari bore up dulu ya. Banyak sekali hal yang resiko yang harus kamu perhatikan dalam bore up, mulai dari risiko piston yang jebol, mesin jadi overheat, sampai top speed yang lambat laun bakal menurun.