0
284

Makin Ngacir! Ini 3 Tips Bikin Tarikan Ninja R Lebih Enteng

Berbicara tentang motor 2-tak, tentu semua orang setuju kalau motor jenis ini punya kecepatan yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Berbicara tentang motor 2-tak yang kencang, tentu Kawasaki Ninja R wajib untuk masuk daftar.

Dengan berbekal mesin 150cc, kuda besi asal Jepang ini mampu melesat dengan kecepatan maksimal hingga 29,6 hp. Angka tersebut tentu bisa dibilang sudah lebih dari cukup buat keperluan daily.

Meski begitu, ternyata masih banyak orang yang masih belum puas dengan kecepatan.bawaan dari Kawasaki. Beruntungnya, mesin Kawasaki Ninja R punya banyak potensi untuk dipoles dan proses yang harus dilakukan bisa dibilang cukup mudah.

Nah, buat kamu yang ingin membuat tarikan Kawasaki Ninja R menjadi lebih enteng dan bikin tenaganya semakin ngacir, kamu bisa coba ikuti beberapa tips di bawah ini. Jangan takut buat masalah budget sama kesehatan mesin ya, karena semuanya masih dalam tahap wajar tanpa perlu melakukan bore-up.

Berikut ini 3 tips yang bisa bikin tarikan Kawasaki Ninja kamu jadi lebih enteng. Simak artikelnya sampai habis, ya!

Ganti Knalpot Racing
Cara pertama yang paling simpel buat bikin tarikan Kawasaki Ninja R jadi lebih enteng adalah dengan memasang knalpot racing. Sebelum memilih knalpot racing yang ingin dibeli, tentukan karakter kecepatan yang ingin motor kamu miliki.

Jika ingin memaksimalkan putaran bawah hingga menengah, pilihlah knalpot dengan perut yang chamber-nya lebih kecil. Sedangkan jika kamu ingin mencari top speed, pilihlah chamber yang ukurannya lebih besar.

Tidak Perlu Bore-Up, Cukup Lakukan Porting dan Polish
Cara kedua yang bisa kamu lakukan dalam membuat tarikan Kawasaki Ninja R jadi lebih enteng adalah dengan melakukan porting dan polish blok silinder. Dalam urusan mendongkrak tenaga mesin, porting polish emang masih jadi andalan buat mendongkrak tenaga. Selain harganya yang bisa dibilang murah, porting polish juga lebih aman untuk kesehatan mesin jika dibandingkan dengan bore-up.

Buat yang masih belum ngerti soal cara kerjanya, jadi porting polish ini menghaluskan jalur masuk dan keluarnya bahan bakar ke mesin motor. Semakin halus intake dan exhaust, tentu performa mesin pun akan menjadi semakin responsif. Untuk melakukan porting polish, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp2,5 juta sampai Rp3 juta. Jika dibandingkan dengan bore-up, tentu angka segini masih bisa dibilang wajar.

Memodifikasi Karburator
Tips selanjutnya yang ketiga adalah dengan memodifikasi karburator. Tujuannya adalah untuk membuat performa ruang bakar pada mesin menjadi lebih optimal. Sebagai catatan, Kawasaki Ninja R memiliki karburator asli berukuran 26mm. Untuk memaksimalkan performa, kamu bisa me-reamer karburator menjadi sampai 30mm.

Kesimpulan
Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan buat bikin tarikan Kawasaki Ninja R kamu jadi lebih enteng. Tertarik untuk mencoba?