Foto: Motor Trailers
0
585

Deretan Motor Dengan Letak Tangki BBM Unik

Ketika kita meminjam sebuah mobil tentunya kita selalu menanyakan bahan bakar apa yang dipakai pada mobil tersebut dan bagaimana cara membuka tangki bensinnya. Tapi ketika kita meminjam motor, biasanya kita hanya menanyakan pakai BBM apa pada motor tersebut. 

Namun, hal tersebut tidak berlaku ketika kita meminjam motor motor ini. Kenapa? Karena ada beberapa motor yang tangki bensinnya berada di posisi yang tidak lazim. Umumnya tangki bensin motor ada dibawah jok dan beberapa motor baru seperti Yamaha N-Max ada di dek bagian tengah.

Ada beberapa motor yang bukaan tangkinya berada di posisi yang aneh seperti Kawasaki ZX 130, Kymco Metica 125, Kymco Like 150i, Yamaha Freego dan juga TVS Callisto. Nah jika kalian meminjam motor motor tersebut, baiknya kalian menanyakan dimana letak lubang tangki bensinnya. Kalau tidak, kalian akan kerepotan jika tidak menanyakan hal tersebut.

1. Kawasaki ZX-130

Foto: gastivis.wordpress.com

Untuk motor lawas Kawasaki ZX-130 ini lokasi tangki bbmnya berada di balik tameng depan. Ya benar, Kawasaki menyematkan tangka BBM di bagian depan tepatnya di bawah batok dan dibelakang plat nomor depan. Untuk membukanya, kalian harus menekan switch dan kemudian tameng akan turun. Barulah kalian bisa melihat lubang tangki bbm dari Kawasaki ZX-130.

2. Kymco Metica 125

Foto: Sepeda-motor.info

Nah untuk Kymco Metica 125, memiliki lubang tangki bbm yang sangat unik. Yaitu ada di belakang dibawah behel. Lubang tangki bbm pada motor ini agak sedikit ngumpet, jika kalian tidak melihat dengan seksama, anda akan kebingungan ketika ingin mengisi BBM.

 

3.TVS Callisto

Foto: tvsmotor.co.id

Untuk TVS Callisto memiliki lokasi yang sama dengan Kymco Metica 125 yaitu berada di bagian belakang dan berada di atas lampu. Bedanya, posisi lubang tangki bbm nya masih terlihat. Karena memang tidak tertutup oleh apapun. Berbeda dengan Kymco Metica yang tertutup oleh behel. Untuk menambah keamanan, untuk membuka tangki bensinnya kita harus mencolok anak kunci ke tutup tangki bensinnya, barulah bisa diputar.

4. Kymco Like 150i

Foto: Kymco.co.id

Kymco memang kerap melakukan hal hal unik pada produknya. Untuk Kymco Like 150i memiliki posisi tangki bensin yang cukup unik yaitu di bagian dek dan tertutup layaknya sebuah storage di bawah stang. Yang membedakan dengan Nmax adalah dek tengah Kymco Like 150i lebih rata.

5. Yamaha Freego

Foto: Yamaha Motor

Yamaha Freego juga memiliki posisi yang cukup aneh yaitu dibawah stang untuk lokasi lubang tutup tangkinya. Sedangkan tangkinya sendiri berada di bagian bawah dek. Maka dari itu, Yamaha Freego memiliki kapasitas bbm mencapai 4,2 liter. Karena lokasi tangkinya berada di bawah dek, maka motor ini memiliki space yang besar dibawah jok. Maka dari itu Yamaha Freego memiliki bagasi sebesar 25 liter, atau setara dengan Yamaha Aerox 155.