0
239

Ducati Uji Coba Sportbike Listrik

Pabrikan motor sport asal Italia yaitu Ducati baru saja melakukan uji coba terhadap motor barunya yang akan digunakan untuk balap. Motor yang menggunakan tenaga listrik tersebut adalah Ducati MotoE V21L. Nantinya motor ini akan berlaga di ajang balap motor FIM Enel MotoE World Cup 2023 mendatang.

Foto: Ducati

FIM Enel MotoE World Cup merupakan sebuah ajang balap motor sportbike yang menggunakan motor listrik sebagai sumber tenaganya. Ajang ini juga dikenal sebagai MotoGP kelas motor listrik. Ducati MotoE V21L merupakan sebuah motor baru untuk kebutuhan balap dari Ducati yang menggantikan motor sebelumnya yaitu Energica Ego Corsa.

Meski masih berbentuk prototype motor ini sudah menjalani debut pertamanya di Sirkuit balap motor Misano World Circuit Marco Simoncelli di Italia. Seperti yang dikutip dari Autoblog, motor ini memiliki mesin yang luar biasa. Hal tersebut juga diungkapkan oleh test rider dari Ducati sejak 2013 yaitu Michele Pirro.

Seperti dilansir gridoto.com Michele Pirro mengungkapkan jika menguji prototipe MotoE di Sirkuit sangat menyenangkan, karena ini menandai awal dari babak penting dalam sejarah Ducati.

“Motornya ringan dan sudah memiliki keseimbangan yang baik. Selanjutnya, koneksi throttle pada fase pembukaan pertama dan ergonominya sangat mirip dengan motor MotoGP,” lanjutnya. 

“Jika bukan karena keheningan dan fakta dalam tes ini, kami memutuskan untuk membatasi output daya hingga hanya 70 persen dari performa, saya dapat dengan mudah membayangkan bahwa saya mengendarai motor saya,” Pirro menambahkan.

Foto: Ducati

Ducati MotoE V21L yang tengah diuji oleh Michele Pirro ini merupakan motor yang dikembangkan oleh Ducati Corse dan engineer Research & Development Ducati. Project ini dipimpin oleh Roberto Cane selaku Direktur eMobility Ducati.

Saat ini Ducati MotoE V21L sudah menjalani tes akselerasi di sirkuit. Namun ada masih banyak tes yang harus dijalani oleh motor ini. Salah satu tes yang harus dijalani adalah ukuran dimensi, berat dari motor dan juga durability baterai yang digunakan pada motor ini.

Nah tes sekaligus pengembangan itulah yang tengah dikejar oleh Ducati. Pasalnya Ducati ingin motor ini memiliki karakter yang berperforma tinggi dan juga memiliki bobot yang ringan. Sehingga motor ini nantinya bisa kompetitif dan juga bisa digunakan oleh banyak pembalap di MotoE 2023.