Ban Kingland RTX 5 yang baru dirilis. Foto: Kingland Tire
0
310

Intip 3 Teknologi Utama Ban Baru Kingland RTX 5 Produk Anak Bangsa

GilaMotor.com – Songsong tahun baru 2022, sejumlah komponen aftermarket pendukung sepeda motor memperkenalkan varian terbaru mereka. Salah satunya adalah Kingland Tire, pemain lawas komponen ban yang merilis varian premium terbaru RTX 5. 

Ban terbaru RTX 5 dikatakan merupakan produk yang berbeda dengan para pesaingnya, karena dikembangkan dengan sebuah teknologi bernama Axcero Tech. Teknologi ini diklaim hanya dimiliki oleh Kingland, untuk pengembangan ban tipe performa tinggi dan balap.

Joko Suseno, Marketing Head Division Kingland Tire menyampaikan, ban RTX 5 memiliki karakter sport touring dan di dalamnya tersemat tiga teknologi utama. 

Pertama, teknologi aggressive traction pattern. Dikembangkan dengan merancang dua arah pattern, untuk memberi nilai lebih pada traksi saat akselerasi (percepatan), maupun deselerasi (perlambatan). 

Kedua, teknologi wider grip contact atau kontak area yang maksimal. Diimbangi desain rasio yang tepat. “Ini didesain untuk mengejar handling responsif, serta stabilitas yang baik”, kata Joko.

Teknologi yang ketiga adalah touring comfort construction. Pada material dan desain konstruksi yang dirancang pada ban ini disisipkan tipe kompon yang lebih lembut. 

Ketiga teknologi tadi, kata Joko, menjadikan Kingland RTX 5 selain menawarkan kenyamanan buat melibas rute harian, juga untuk perjalanan jarak jauh atau touring. 

Foto: Kingland Tire

“Pada tipe ban ini juga disematkan speed simbol ‘S’. Artinya, ban ini lolos uji kecepatan dalam batas waktu tertentu. Dimana waktunya di atas rata-rata speed simbol pada ban sejenis”, jelasnya.

Ega Suryana, Technical Service Head Department Kingland Tire menegaskan, setelah tahap awal berupa desain dan pengembangan, selanjutnya dilakukan uji coba. 

Pengetesan dilakukan selain di Sirkuit Sentul, juga melibas sejumlah kota di Indonesia. “Salah satunya jalur Banda Aceh hingga Medan, sekitar 700 Km”, tukas Ega yang ikut langsung menguji RTX 5 dari Titik 0 Km Sabang. 

Sebelum RTX 5 dirilis, Kingland akui telah merancang proses detail. Salah satunya Focus Group Discussion (FGD) melibatkan perwakilan komunitas motor. Seperti komunitas Honda ADV, Yamaha Aerox dan NMax, guna mendapatkan saran-saran terbaik. 

Ferry Chandra, Nasional Sales Manager Kingland Tire mengatakan, sebagai produk anak bangsa, RTX 5 disiapkan untuk memenuhi kebutuhan para pengendara skutik Honda ADV, PCX, Vario dan Honda BeAT. Serta Yamaha Aerox, NMax dan Lexi.

Ban Kingland RTX 5 yang dipasang di body Honda ADV. Foto: Kingland Tire
Ban Kingland RTX 5 yang dipasang di body Honda ADV. Foto: Kingland Tire

Mematok harga eceran tertinggi (HET) setara dengan harga pesaingnya, Kingland RTX 5 memiliki beberapa ukuran. Antara lain 90/80-14, 100/80-14, 110/80-14, 120/70-14, 140/79-14, 120/70-13, dan 140/70-13.