Masa mendatang banyak motor yang akan dilengkapi fitur airbag. Foto: Piaggio Group
0
103

Kolaborasi Piaggio dan Autoliv Kembangkan Airbag untuk Roda Dua

GilaMotor.com – Popularitas kendaraan roda dua terus meningkat. Didorong laju urbanisasi yang meluas, kepadatan perkotaan, serta kepraktisan dan kemudahan penggunaannya. 

Malah sekarang ini sepeda motor telah dilengkapi sistem keselamatan canggih, seperti ABS (Antilock Braking System) dan ASR (Anti-Slip Regulation). 

Semakin menarik, ketika teknologi berupaya melakukan penambahan fitur airbag pada sepeda motor, yang akan menjadi langkah selanjutnya.

Seperti yang dilakukan Autoliv, inc., salah satu pemain papan atas di bidang sistem keselamatan otomotif dunia. Autoliv berkolaborasi dengan Piaggio Group, untuk mengembangkan sebuah teknologi airbag bagi kendaraan roda dua.

Keduanya telah menandatangani kerja sama pengembangan airbag untuk sepeda motor, demi menciptakan perlindungan lebih baik, serta meningkatkan kenyamanan berkendara. 

Airbag pada motor dikembangkan untuk keamanan dan kenyamanan berkendara. Foto: Piaggio Group

“Visi kami menyelamatkan lebih banyak nyawa, dan menyediakan solusi keselamatan jiwa kelas dunia, untuk mobilitas dan masyarakat. Karena itu kami kembangkan produk yang secara khusus melindungi pengguna jalan yang rentan”, kata Mikael Bratt, CEO dan Presiden Autoliv. 

Disampaikannya, pengembangan produk ini merupakan bagian integral dari agenda keberlanjutan dan langkah penting menuju tujuan Autoliv. Yakni target selamatkan 100.000 jiwa per tahun pada 2030.

Secara teknis, airbag tersebut akan dipasangkan pada rangka kendaraan, dan akan mengembang dalam hitungan milidetik. 

Kendati belum dijelaskan rinci, di bagian rangka sebelah mana airbag tersebut akan disematkan? Serta dalam kondisi tingkat kecelakaan seperti apa sistem airbag tersebut akan bekerja? Mengingat desain bodi roda dua berbeda jauh dengan roda empat.  

Airbag pada motor. Foto: motorraid wikipedia

Namun belakangan ini Autoliv juga telah mengembangkan konsep awal, dan riset lebih dalam menggunakan alat simulasi canggih. 

Autoliv coba melakukan uji benturan skala penuh, terhadap sepeda motor yang telah menyematkan fitur airbag. Upaya melihat bagaimana riset yang telah dilakukan, apakah berfungsi secara optimal.

Saat ini Autoliv telah menentukan langkah, menjalin kerja sama berkesinambungan dengan merek ternama asal Italia Piaggio Group. Sebagai tahap kelanjutan pengembangan produk, bahkan usaha dan potensi mengkomersilkan konsep airbag ini ke depannya.