Foto: AHM
0
124

Honda dan KNKT Satu Hati Garap Pusat Riset Kecelakaan

GilaMotor.com – Wujud sinergi keselamatan dan kenyamanan berkendara di jalan raya, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan PT Astra Honda Motor (AHM) menjalin sebuah kerja sama.

KNKT dan AHM bermitra dalam pengembangan program keselamatan berkendara roda dua, melalui AHM Accident Research Center. 

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan Marketing Director AHM Thomas Wijaya dan Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono di AHM Sunter, Jakarta Utara. 

Lewat kerja sama ini, AHM bersama KNKT akan melibatkan sumber daya yang ada untuk saling mendukung, meningkatkan, dan mengembangkan program keselamatan berkendara.

Dalam hal ini, juga upaya peningkatan efektifitas edukasi yang dilakukan untuk masyarakat, demi terwujudnya keselamatan berkendara.  

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya mengatakan, inisiasi AHM Accident Research Center bersama KNKT merupakan langkah positif. Terutama dalam pengembangan program keselamatan berkendara yang telah dilakukan AHM sejak 20 tahun silam.   

Foto: AHM

“Kami berkomitmen kuat mewujudkan budaya keselamatan dan kenyamanan berkendara, terutama bagi pengguna roda dua. Melalui program ini, kami ingin bersinergi untuk bisa memperkuat efektivitas edukasi keselamatan berkendara. Sehingga tercipta budaya berkendara aman, nyaman, dan menyenangkan bagi seluruh pengguna jalan,” paparnya.      

Sementara Soerjanto menyampaikan, apreasiasinya atas inisiatif AHM Accident Research Center untuk meningkatkan keselamatan kendaraan roda dua.

“Semoga riset yang dilakukan dapat menghasilkan rekomendasi dan masukan, untuk menciptakan budaya keselamatan dan kepedulian keselamatan berkendara,” ujar Soerjanto.

AHM mengatakan, perjalanan selama 20 tahun mengedukasi keselamatan berkendara telah menghasilkan lebih dari 19.000 pelatihan keselamatan berkendara.

Pelatihan tersebut telah diterima lebih dari 2,8 juta peserta, didukung 143 instruktur safety riding, 2.474 advisor safety riding, dan 982 advisor safety riding yang berasal dari komunitas motor Honda. 

Foto: AHM

Selain itu, edukasi melalui alat simulasi Honda Riding Trainer (HRT) yang tersebar di seluruh Indonesia, telah dimanfaatkan lebih dari 23 juta orang. 

Saat ini pun AHM dan jaringannya telah memiliki 106 sekolah binaan, yang menerapkan budaya keselamatan berkendara di lingkungan sekolah. 

Ditambah lagi, AHM juga memiliki empat sekolah binaan, di Cikarang, Jawa Barat, Menes, Banten, Binjai, Sumatera Utara, dan Malang, Jawa Timur yang telah memiliki fasilitas safety riding lab.

“Adanya fasilitas safety riding lab tersebut sebagai penunjang, dalam melakukan edukasi keselamatan berkendara di sekolah”, tutup Andy.