Foto: Grid Oto
0
95

11 Tombol di Stang Motor MotoGP, Apa Saja Ya?

Kecanggihan fitur dan teknologi tidak hanya diterapkan pada motor yang ada dipasaran dan road legal. Tapi sebuah motor yang digunakan di ajang MotoGP pun dibekali dengan beragam fitur canggih. 

Tujuan tersematnya fitur fitur canggih pada motor MotoGP adalah untuk semakin memudahkan pembalap dalam mendapatkan waktu terbaik. Fitur canggih tersebut terdapat di stang dan tersebar sebanyak 11 tombol. Lantas apa saja sih kesebelas tombol tersebut?

Tapi mari kita bedakan terlebih dahulu antara motor road legal dengan motor pada MotoGP. Pada sebuah motor road legal, di bagian stang terdapat saklar atau lebih sering disebut dengan holder. Holder tersebut umumnya terdapat beberapa tombol seperti saklar sein, klakson, lampu jauh bahkan pada motor besar terdapat traction control hingga riding mode.

Namun pada sebuah motor yang digunakan di ajang MotoGP merupakan sebuah motor purwarupa. Jadi holder tersebut tidak digunakan dan diganti dengan 11 tombol yang tersebar di stang kiri dan kanan. 

11 tombol yang ada di stang motor MotoGP memiliki fungsi antara lain tombol 1, 8, 11 untuk perangkat pengatur ketinggian motor. Umumnya tombol nomor tersebut digunakan untuk kebutuhan start agar dapat start dengan maksimal. Kemudian tombol 2 untuk tuas rem. 

Tombol nomor 3 dan 7 umumnya digunakan untuk strategi pemetaan mesin, traction control, engine brake, torque control dan wheelie control. Fitur fitur tersebut bisa digunakan oleh pembalap sesuai keinginan dan kebutuhan mereka.

Kemudian terdapat tombol tombol lain namun dibedakan dengan menggunakan warna yang berbeda-beda seperti warna hitam, biru dan merah. Untuk tombol berwarna hitam adalah tombol yang berfungsi untuk Launch Control.

Foto: Rider Tua

Kemudian untuk tombol berwarna biru digunakan untuk Pit limiter. Ketika motor memasuki Pit umumnya para pembalap menekan tombol berwarna biru sehingga speed saat berjalan di Pit akan stabil dan sesuai dengan peraturan kecepatan yang ditentukan. Sedangkan tombol berwarna merah digunakan untuk mematikan mesin.

Namun untuk motor Ducati tombol berwarna merah adalah bukan untuk mematikan mesin. Namun untuk mengatur mapping power. Ada tiga mapping pada tombol berwarna merah tersebut yaitu A, B, dan C. Tiap kali tombol merah ditekan maka mapping akan berkurang hingga C dan jika ditekan kembali akan kembali menjadi A.

Pada motor Ducati, untuk pit limiter menggunakan tombol berwarna abu abu. Sedangkan untuk mapping engine brake menggunakan tombol berwarna hijau.