0
59

Motor Ditinggal Mudik? Ini Yang Harus Diperhatikan

Memasuki pertengahan bulan Ramadhan biasanya menjadi momen khusus untuk mempersiapkan pulang kampung (mudik) lebaran. Bagi yang menggunakan kendaraan umum atau roda empat, sementara motornya di tinggal di rumah maka wajib untuk memperhatikan kondisi motor dan keamanannya.

Namun, sebelum berlanjut ke dalam pembahasan tentang tips meninggalkan motor yang aman dan nyaman kita harus paham dulu aturan perjalanan dalam negeri. Mengingat kondisi negeri ini masih dalam situasi pandemi jadi Surat Edaran Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri (PPDN) pada Masa Pandemi COVID-19 wajib adalah panduannya.

Perhatikan beberapa syarat yang telah ditetapkan untuk persiapan mudik tahun ini. Pertama, bagi Anda yang sudah melakukan Vaksin Booster, maka tidak wajib menunjukkan hasil tes RT-PCR atau rapid tes antigen. Bagi yang baru menyelesaikan Vaksin 2 kali maka hanya cukup menunjukkan hasil negative rapid tes, sampel kurun waktu 1x 24 jam.

Selanjutnya bagi yang hanya menyelesaikan Vaksin 1 ada ketentuan khusus. Begitu juga dengan mereka yang memiliki kondisi khusus, serta untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun memiliki akses khusus. 

Faktor lokasi
Pastikan motor terparkir di tempat aman dan nyaman. Untuk hal keamanan, ada beberapa cara dapat digunakan untuk mencegah hilangnya motor karena pencurian. Yang pertama adalah dengan memasangkan gembok motor konvensional pada piringan cakram atau rantai motor. 

Kedua menggunakan grip lock untuk mengunci tuas gas dan handle rem, ketiga menggunakan kunci rahasia, dan keempat memasang alarm. 

Jika di pemukiman Anda ada seksi keamanan maka alangkah baiknya untuk memberitahukan bahwa di rumah ada sepeda motor. Apalagi jika parkirnya hanya di car port yang tidak memiliki pintu tertutup. 

Tempat motor
Parkirkan motor di tempat yang baik, misalnya tempat yang terhindar dari paparan sinar matahari dan hujan. Dua kondisi tersebut dapat menjadi penyebab kerusakan pada cat motor. 

Standar tengah
Penggunaan standar tengah difungsikan agar tekanan angin tetap terjaga pada ban belakang. Adapun ban depan maka yang dapat dilakukan adalah memberinya alas agar ban tidak langsung menempel di lantai parkir.

Kebersihan motor
Menjaga  dan merawat mencegah korosi dan berpotensi ada karat karena kotoran yang menempel pada body motor. 

Teknis
Tangki bensin full atau benar-benar kosong. Korosi juga akan terjadi karena adanya penguapan pada tangki motor yang jarang digunakan. Dampaknya akan timbul karat di dalam tangka. Isi penuh atau kosongkan tangki 

Apabila ban motor Anda menggunakan cairan anti-bocor, disarankan memposisikan pentil ban berada di atas. Hal ini bertujuan agar cairan tersebut tidak menggumpal di pentil. 

Cabut aki motor
Jika motor tidak dihidupkan dalam waktu lama, aki tidak akan mendapatkan pengisian listrik. Jika tidak dicabut dari tempatnya yang ada aki akan terus mengalirkan listrik sampaik soak. 

Aki sendiri dapat dikatakan sebagai otak bagi motor, sebab jika part ini tidak ada maka beberapa fungsi tidak akan berjalan. Bahkan jika aki tidak terhubung motor tidak dapat dihidupkan. 

Bahkan untuk mencopot aki Anda tidak perlu pergi ke bengkal karena prosesnya dapat dilakukan sendiri. Hanya perlu beberapa kunci pas, namun catatannya adalah lakukan hal tersebut secara teliti dan benar. 

Hal ini juga dapat berfungsi sebagai menjaga keamanan motor saat terparkir karena jika tidak menggunakan aki motor tidak dapat menyala. 

Ganti oli
Meski motor berhenti, mesin tetap saja membutuhkan perlindungan. Sementara oli yang sudah digunakan di dalam ruang mesin sudah mengandung kotoran. Proses inilah yang berpotensi menimbulkan karat akibat endapat oli kotor tersebut. 

Manfaat lain yang didapat adalah motor akan mudah dinyalakan saat selesai ditinggal dalam waktu lama.