Foto: Dok. DAM
0
52

Pentingnya Servis Pertama Untuk Motor Baru

Setiap sepeda motor memerlukan perawatan agar mesinnya tetap dapat bekerja secara optimal. Banyak yang beranggapan, perawatan motor hanya perlu dilakukan pada motor yang sudah berumur saja. Sementara pada motor baru, tidak perlu melakukan perawatan.

Padahal, anggapan tersebut benar-benar salah. Bahkan, motor baru pun juga membutuhkan perawatan tak lama setelah motor tersebut sampai ke tangan konsumen atau biasa disebut dengan servis pertama.

Pada umumnya, setiap pabrikan akan menyarankan kepada para pemilik motor untuk melakukan servis pertamanya ke bengkel resmi. Waktu yang disarankan adalah setelah motor menempuh jarak 1.000 km atau satu bulan setelah motor tersebut sampai ke tangan konsumen. Tergantung mana yang dicapai lebih dulu.

Foto: Dok. DAM

Ada beberapa manfaat penting dari melakukan servis pertama, khususnya jika dilakukan di bengkel resmi. Pertama, untuk memastikan kondisi motor sesuai dengan standar. kedua, untuk memastikan motor dapat bekerja dan berfungsi secara optimal setelah digunakan oleh konsumen dalam kurun waktu satu sampai dua bulan sejak penyerahan. Ketiga, untuk memastikan motor baru milik konsumen tetap berada dalam kondisi yang prima.

Untuk itu, mekanik di bengkel resmi akan melakukan pemeriksaan pada beberapa komponen, baik komponen yang bersifat elektrik maupun komponen mekanis. Terakhir, manfaat dari servis pertama adalah untuk memastikan garansi motor dari pabrikan tetap berlaku. Satu tahun untuk garansi sasis dan kelistrikan. Kemudian, tiga tahun untuk garansi mesin. Lalu, lima tahun untuk garansi komponen PGM-FI.

Kelima, untuk membersihkan atau memastikan komponen-komponen yang ada di dalam mesin terbebas dari segala kotoran yang mungkin saja muncul akibat dari keausan pada komponen-komponen mesin. Maka itu, konsumen juga akan mendapatkan layanan penggantian berupa oli mesin gratis pada servis pertama.

Foto: Dok. DAM

Manfaat berikutnya adalah untuk mengetahui sejak dini jika terdapat gejala abnormal pada motor, baik dari bagian sasis, kelistrikan, maupun sektor mesin. Sehingga, dapat dilakukan tindakan antisipasi atau pencegahan yang cepat dan tepat agar kondisi motor tetap dalam keadaan yang prima.

Tidak perlu khawatir soal biaya, karena banyak yang menilai bahwa servis di bengkel resmi membutuhkan biaya yang besar. Untuk servis pertama, pada umumnya setiap pabrikan akan memberikan pelayanan secara gratis alias tidak dipungut biaya.

Jadi, jangan berpikiran bahwa servis pertama di bengkel resmi hanya sekadar mengganti oli mesin saja. Sebab, banyak yang beranggapan demikian dan akhirnya lebih memilih mengganti oli di bengkel umum. Padahal, di bengkel umum tidak melakukan pemeriksaan seperti yang dilakukan oleh mekanik di bengkel resmi.

Foto: Dok. Astra Motor

Dampak dari konsumen tidak melakukan servis pertama tentunya akan berpengaruh pada performa motor. Apalagi, jika sampai ada komponen yang tidak berjalan dengan semestinya, bisa saja kerusakannya malah bertambah parah.

Dampak lainnya adalah konsumen tidak akan mendapatkan pelayanan servis gratis dan juga oli gratis. Padahal, kedua layanan tersebut seharusnya diberikan pada saat servis pertama. Namun, bukan berarti untuk pemeriksaan motor jadi dilewatkan. Motor akan tetap diperiksa pada saat jadwal servis berikutnya. Tapi, tidak akan mendapatkan oli gratis.

Maka itu, jangan menganggap remeh manfaat atau pentingnya servis pertama pada motor di bengkel resmi. Sebab, selain banyak manfaatnya bagi konsumen, manfaat bagi performa motor juga ada. Paling penting adalah jangan lupa untuk selalu membawa buku servis saat akan melakukan perawatan di bengkel resmi.