0
47

Mengenal Skutik Bongsor Sebelum Intim dalam Perjalanan

Motor matic kini tengah menjadi andalan kendaraan mobilitas sehari hari, bahkan beberapa tipe motor matic tengah dijadikan sebagai kendaraan penyalur hobi dan menjadi simbol gaya hidup. Salah satunya adalah motor matic berbody besar atau biasa kita kenal skutik bongsor atau big skutik.

Di pasar Indonesia ada banyak pabrikan yang memiliki pilihan skutik bongsor  seperti Yamaha, Honda, Kymco, SYM, Piaggio, Peugeot dan masih banyak lagi. Bagi Gilmoters yang kini baru menggunakan skutik bongsor harus lebih dulu melakukan pengenalan atau PDKT. Terlebih dari dimensi, kapasitas mesin, dan fitur yang berbeda.

Berkendara Aman dan Nyaman

Saat berkendara pastikan tubuh dalam keadaan sehat agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Usai itu Anda bisa lebih dulu melakukan pengecekan kendaraan mulai dari tekanan angin, rem dan kelistrikan yang dapat berfungsi dengan baik.

Fitur Pada Motor

Setiap motor didukung fitur berkendara yang bisa membuat pengendara jadi lebih nyaman dan aman. Seperti halnya saat engine on, motor skutik berbeda dengan motor cub. Peran kickstarter kini diambil alih oleh electric starter. Untuk menyalakannya  tekan electric starter sembari menarik tuas rem, dan jangan lupa juga untuk menaikan standar. 

Karena pada standar samping terdapat fitur side stand switch, fungsinya secara otomatis bisa mematikan mesin motor untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Postur Berkendara

Salah satu alasan dipilihnya skutik bongsor adalah kenyamanan. Salah dalam postur berkendara tentunya kenyamanan selama riding tidak akan bisa kalian dapat.

  1. Ride On Position

Punggung pengendara dalam posisi tegak, karena ini bisa menurunkan stress pada bagian bahu, punggung dan leher sehingga bagian tubuh pengendara bisa lebih rileks.

Menurunnya ketegangan otot tangan bagian depan membuat handling berkendara menjadi lebih nyaman. Posisi lutut relatif rata dengan pinggul bisa mengurangi tegang pada otot paha. sehingga kaki bisa selalu siap untuk menyeimbangkan pengendalian pada motor saat meliuk – liuk.

  1. Leuser Position

Salah satu kelebihan skutik bongsor lainnya adalah memberikan ruang kaki yang cukup nyaman. Yang mana posisi telapak kaki diletakan lebih ke depan terkadang jadi pilihan. 

Efek positifnya bisa menurunkan ketegangan pada betis. Namun berkendara seperti ini hanya untuk sementara saja, jika sudah terasa rileks kembalilah pada posisi ride on position.

Pengoperasian Motor

Mengandalkan komponen CVT membuat tarikan pada motor skutik berbeda dengan motor cub dan sport lainnya. Semakin agresif gaya berkendara rider dengan bukaan gas dan pengoperasian rem yang tidak teratur akan membuat bensin motor menjadi boros. 

Oleh karena itu, perlu cara berkendara yang halus dalam hal pengoperasian motor, seperti membuka gas perlahan dan menjaga kecepatan tetap konstan selama mungkin.

Pengendalian Motor

Saat melewati turunan pastikan kendaraan lebih lambat dengan melepas gas dan mengandalkan rem dengan komposisi yang benar. Pasalnya jika dibiarkan motor akan melaju terlalu kencang dan berbahaya.

Sebaliknya saat Anda menghadapi jalur menanjak. Kecepatan diatur sebelum jalannya menjulang ke atas agar motor tidak kekurangan tenaga untuk melibas jalur menanjak.

Jika sudah mengetahui dan memastikan Anda bisa menggunakan motor skutik bongsor jangan lupa juga untuk selalu menggunakan apparel yang lengkap dan aman.