Foto: Dok. Otoplus
0
109

Referensi Gaya Custom Mesin Tidur, Cocok Untuk Dalam Lintasan

Saat ini balap dalam lintasan lurus dan flattrack kian digemari penghobi motor custom. Bukan hanya dari kalangan pengguna mesin berkapasitas besar, penghobi dengan pilihan mesin kecil atau mesin tidur kian ingin ikut meramaikan adu kebut dalam lintasan.

Beberapa pilihan gaya custom bisa kalian tuangkan dengan penambahan inovasi dan kreativitas para builder. Tidak jarang juga selain pada penampilan kapasitas mesin turut jadi pertimbangan untuk upgrade.

Saat ini beberapa event terus menjamur di Indonesia, tidak jarang adu kecepatan kini dilakukan secara bersamaan dengan event custom. Tahun 2022 saat ini sangat terlihat banyak dari motor bermesin tidur digunakan sebagai basis dari adu kecepatan.

Berikut referensi custom bermesin tidur yang cocok digunakan dalam lintasan:

Flat Track

Foto: Dok. Lapakmotorbekas

Sesuai dengan namanya lintasan flat track sangat cocok menggunakan motor custom bergaya flat track untuk lintasan tanah, penggunaan mesin tidur bisa kalian lakukan dengan 2 style diantaranya sport dan cub. 

Yang berbeda tentunya penggunaan rangka dan penempatan tangki, sementara untuk stang baplang dan ban dengan profil rata ala motor tracker menjadi andalan dari motor flat track.

Tidak banyak aksesori yang menempel pada motor custom bergaya flat track, hanya saja biasanya pada bagian sisi samping atau depan terdapat bodi rata sebagai tempat nomor start.

Cafe Racer

Foto: Dok. 1stmotorxstyle

Biasanya motor custom yang satu ini mengenakan stang jepit, serta model tangki yang sejajar dengan bagian ekor motor atau biasa disebut buntut tawon. Tinggi yang tidak jauh beda dengan ukuran tangki membuat jok pengendara hanya bisa ditunggangi satu orang. 

Pada era keemasannya di tahun 60an, Cafe Racer identik dengan motor balap. Saat ini tak jarang penggunaan mesin tidur mengambil gaya cafe racer dengan melakukan bore up agar sesuai dengan identitas di lintasan trek lurus.

Chopper

Foto: Dok. Choppycub

Tak jarang ide kreatif builder di luar nalar masyarakat dengan kapasitas kecil memiliki style motor besar, seperti aliran chopper dengan identitas perubahan sudut derajat depan yang lebih tinggi dan jok yang lebih rendah. 

Untuk basis motor cub tentunya ada perubahan penempatan tangki dan stang high bar. Selain itu pada bagian sasis harus menyesuaikan dimensi mesin. Tidak jarang juga gaya chopper sering jadi pilihan di lintasan flat track.