Dok. Demonerosso Dainese
0
49

Helm Legendari Valentino Rossi

Valentino Rossi salah satu mantan pembalap yang namanya masih santer dibincangkan oleh penggemar. Pembalap bernomor 46 itu telah menggeluti dunia MotoGP sejak tahun 2000 hingga 2021.

Selama 11 tahun berkarir di MotoGP, pembalap kelahiran 16 Februari 1979 itu telah menyabet 89 kejuaraan. Bahkan, atas kemenangan yang diperolehnya, Rossi jadi pembalap pertama dalam klasemen terbanyak memenangkan perlombaan dalam sejarah 500cc/MotoGP. Wajar, Valentino Rossi layak disebut sebagai salah satu pembalap legendaris.

Meskipun Rossi santer lenggak-lenggok di landasan balap dengan sepeda motornya, akan tetapi helm unik yang kerap dipakainya tak kalah menyita perhatian. Sebut aja momen heboh yang pernah ia lakukan sebelum pensiun pada tahun 2021 lalu. Kala itu, ajang balap terakhirnya di MotoGP Emilia Romagna jadi perbincangan. Bukan hanya karena penampilan terakhirnya, tetapi juga ia melempar helm legendarisnya, Helm AGV, kepada salah satu penggemarnya.

Dok. Instagram.com/agvhelmets

Michele Quirini menjadi orang paling beruntung yang mendapatkan helm pembalap berusia 43 tahun tersebut. Bahkan, helm legendaris yang dikenakan Rossi itu dibanderol seharga hingga Rp2 miliar, di kalangan kolektor. Menariknya, desain helm yang usai dipakai Rossi balapan selama 27 lap itu sengaja dibuat untuk didedikasikan kepada penggemarnya.

Helm itu memiliki warna kuning mencolok. Ada bagian hati membingkai di atasnya. Lalu, di sisi kanan, kiri, dan belakang terdapat bendera dengan nomor 46, serta beberapa potret penggemarnya.

Dok. Demonerosso Dainese

Selain itu, ada helm model AGV Q3 Pro yang menjadi helm pertama di era Rossi adu balap. Menurut Rossi, helm dengan gambar matahari dan bulan itu menjadi helm pertama yang tak terlupakan. Sebab, helm tersebut telah menemani kesuksesan pertamanya pada tahun 1996, dan gelar juara pertamanya pada tahun 1997.

Dok. Demonerosso Dainese

Masa transisi ke kelas 500 utama dan kemudian MotoGP menjadi salah satu tonggak sejarah yang dilalui Valentino Rossi bersama helm AGV X-Vent, yang dikemabangkan dari Q3 sebelumnya. Helm yang terbuat dari serat komposit, karbon, dan fiberglass ini bisa dikatakan sebagai salah satu helm legendaris Rossi.

Tak jauh berbeda dengan desain-desain sebelumnya, matahari dan bulan masih mentereng di bagian kanan dan kiri helm tersebut. Di atasnya juga terdapat angka 46. Lalu, di beberapa titik terdapat angka 46, yang lebih kecil dari yang berada di atas, tersebar di hampir seluruh helmnya.

Diketahui, helm dengan gambar matahari dan bulan, yang menjadi gambar andalan Rossi dibuat seolah mencerminkan dua sisi kepribadiannya, yakni terang dan gelap. Tak heran, Rossi selalu menggambarkan helm yang ia kenakan secara personal.

Sepanjang kariernya, Rossi kerap bekerja bersama desainer helm bernama Aldo Drudi. Bersama desainer itu, Rossi membuat beberapa sejarah yang kaya akan desain helm yang unik dan memukau.