Dok. Philips
0
9

Mau Pasang Lampu LED? Kenali Dulu Spesifikasinya Cocok atau Tidaknya

Di dunia otomotif tren lampu LED (light emitting diode) semakin berkembang, baik menjadi lampu utama atau lampu sein. Bahkan, beberapa perusahaan sepeda motor dan mobil menjadikan LED sebagai lampu wajib produknya karena memiliki cahaya yang lebih terang. Namun, untuk motor yang tidak menggunakan lampu LED, kini banyak toko aksesori menawarkan lampu LED sebagai pengganti lampu bawaan pabrik.

Lalu, bagaimana bagi pengendara sepeda motor yang awalnya menggunakan lampu standar atau bawaan pabrik ingin menggantinya dengan LED?  Tentu saja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggantinya, seperti spesifikasi atau cocok dan tidaknya LED pada kendaraan Anda.

Perlu diketahui, spesifikasi lampu LED bagi tiap motor berbeda-beda. Misalnya, untuk jenis motor bebek atau matik dalam negeri, umumnya menggunakan soket lampu P15d25-1 dengan tipe lampu M5 atau H6. Kemudian, untuk sepeda motor dengan transmisi kopling, bisa menggunakan tipe soket lampu P43t atau PX43t dengan lampu H4 atau HS1.

Selanjutnya, untuk sepeda motor tipe sport, disarankan untuk menggunakan soket lampu PX26d dengan tipe lampu H7.

Lebih lanjut, jika motor tua yang ingin dipasang LED umumnya menggunakan bohlam LED. Biasanya, bohlam LED memiliki daya listrik yang tidak terlalu besar, namun memiliki pencahayaan yang cukup terang. Sehingga, tidak akan membebani motor tua. Namun, untuk saat ini, bagi pengendara motor lawas yang ingin mengganti ke bohlam LED diharuskan kendaraannya memiliki kelistrikan tipe DC (direct current). Sebab, jika masih menggunakan tipe AC (alternating current) tidak akan bisa menggunakan bohlam LED.

Selain itu, ketika ingin mengganti lampu LED harus memperhatikan beberapa kriteria. Pertama, tentu saja, pengendara harus mengenali tipe listrik sepeda motor yang dimilikinya. Lalu, harus mengetahui titik jauh cahaya lampu LED yang dipilih. Sebab, hal ini akan memengaruhi dalam menerangi objek di depan nanti. Terakhir, juga harus memperhatikan panas yang ditimbulkan pada mika.

Umumnya, lampu LED semakin  menjadi tren di kalangan pengendara motor bukan hanya berdasarkan segi terangnya saja, melainkan lampu LED mampu bertahan hingga puluhan ribu jam atau hingga tiga tahun lebih jika dalam kondisi baik.

Tak hanya itu saja, lampu LED juga memiliki keunggulan lain yang memanjakan pengendara. Seperti tidak mudah putus, hemat energi, hingga tahan goncangan.

Namun, meski memiliki beragam keunggulan yang memanjakan pengendara, tidak dipungkiri jika harga lampu LED memang cukup mahal, tergantu merek dan kualitasnya. Kemudian, biasanya pencahayaan lampu LED membuat pengendara yang terpapar lampu LED akan silau. Namun, hal ini bisa diakali dengan mengatur posisi pemasangan lampu LED dengan tidak mendongak. Selain itu, jika lampu LED mengalami kerusakan, tentu saja, tidak sembarangan untuk menggantinya.

Bagaimana, tertarik untuk memasang lampu LED?