Foto: Brakeexperts.com
0
46

Penyebab Dan Cara Mengatasi Motor Ndut-Ndutan Saat Direm

Bagi kendaraan bermotor, rem menjadi salah satu komponen paling penting. Sebab, rem berfungsi untuk menghentikan atau mengurangi laju kendaraan bermotor. Bisa dikatakan juga, rem menjadi bagian yang vital bagi kendaraan. Untuk itulah, rem juga perlu diperhatikan bagi pengemudi.
Biasanya, rem pada kendaraan bermotor kerap mengalami beberapa masalah. Misalnya, bagi sepeda motor, rem kerap tidak pakam atau ndut-ndutan. Hal ini biasanya membuat motor tidak langsung berhenti karena motor terasa tersentak di bagian roda depan. Tak hanya itu, rem motor yang ndut-ndutan membuat kendaraan sulit untuk dikendalikan jika berkecepatan tinggi.
Lalu, apa saja penyebab dan solusi untuk mengatasi rem motor yang ndut-ndutan? Berikut ulasannya.

1. Cakram bengkok
Salah satu gejala yang membuat rem motor ndut-ndutan ialah cakram yang bengkok. Biasanya hal ini terjadi karena cakram pernah terkena benturan atau menabrak benda yang keras. Hal ini lah yang membuat kampas rem akan cepat habis dan motor terasa ndut-ndutan.
Selain itu, penyebab cakram bengkok karena menipis. Hal ini terjadi karena permukaan yang bergesekan dengan kampas rem otomatis akan membuat cakram panas. Sehingga, cakram akan menipis dan melengkung atau bengkok. Namun, untuk gejala satu ini biasanya memakan waktu yang cukup lama.
Lantas, solusi untuk cakram bengkok adalah dengan mengganti yang baru. Namun, jika tidak terlalu parah, cakram dapat dipress.

2. As roda depan bengkok
Jika cakram tidak bengkok namun motor terasa ndut-ndutan ketika direm, bisa jadi karena as roda depan bengkok. Biasanya, as roda yang bengkok akibat terkena benturan yang sangat keras.
Solusi untuk as roda yang bengkok ialah hanya dengan menggantinya. Karena, jika diakali dengan dipress akan kurang maksimal.

3. Kampas rem yang tidak rata
Salah satu penyebab rem motor ndut-ndutan lainnya ialah karena kampas rem yang tidak rata. Jika kampas rem tidak rata, maka ketika ditekan pinggiran rem tidaka akan mendapatkan dorongan atau tekanan yang sama.
Lalu, salah satu solusinya adalah dengan mengganti yang baru. Namun, jika kondisi tidak terlalu parah, dapat diperbaiki.

4. Steal master rem yang kotor
Meski bisa dikatakan sepele, namun salah satu gejala yang menyebabkan rem motor ndut-ndutan ialah steal master rem yang kotor. Biasanya, hal ini terjadi ketika sepeda motor telah digunakan lebih dari setahun, dan kerap melewati jalanan yang kotor atau penuh debu. Buntutnya, kotoran akan menumpuk pada steal.
Salah satu cara untuk mengatasi gejala ini ialah dengan menyemprotkan cairan pembersih ke area steal masalah rem. Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, perlu dibongkar.
Itulah beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi rem motor yang ndut-ndutan. Bagi pengemudi, jangan lupa untuk selalu mengecek bagian atau komponen penting motor Anda sebelum bepergian.