Foto: Hargaban.com
0
66

Usia Ideal Ban Soft Compound Jika Digunakan Harian

Buat seorang bike enthusiast mempertahankan tampilan standar dari motor miliknya adalah sebuah hal yang sangat jarang dilakukan. Tentu tampilannya akan diubah mengikuti taste dari sang pemilik motor.

Saat ini banyak para pecinta roda dua yang memodifikasi motor kesayangannya dengan gaya sebuah motor balap. Tidak hanya knalpot saja yang diganti, ban standar pun diganti dengan ban yang umumnya digunakan untuk kebutuhan balap namun bukan ban slick. 

Umumnya sebuah motor balap tentu menggunakan ban yang mampu memberikan traksi yang sangat baik. Salah satu material ban yang bisa memberikan traksi cukup baik adalah ban dengan jenis soft compound.

Ban dengan material memang memiliki banyak kelebihan selain mampu memberikan traksi yang baik. Kelebihan lain yang diberikan ban soft compound adalah ban tersebut terasa lebih empuk dibandingkan dengan material compound ban lainnya.

Salah satu membuktikan keempukan material dari ban soft compound adalah dengan menekannya menggunakan kuku jari. Ketika kita tekan dengan kuku, karet ban tersebut terasa sangat empuk jika dibandingkan dengan ban bermaterial medium atau hard compound.

Namun disamping dua kelebihan tersebut yang dimiliki oleh ban soft compound ada sebuah permasalahan. Permasalahan yang umumnya muncul adalah masa pakai ban yang sangat cepat dibandingkan dengan ban bermaterial lain.

Jika kita menggunakan ban soft compound untuk motor harian, usia pakainya tidak akan lebih dari 1 tahun. Terlebih untuk motor yang digunakan untuk tunggangan sehari hari ketika mencari nafkah. 

Foto: Jawapos.com

Seperti yang ditulis oleh gridoto, jika jarak tempuh dalam satu hari motor yang menggunakan ban soft compound sejauh 50 km, maka usia pakai ban hanya 5 sampai 6 bulan saja. Namun jika kalian menggunakan ban soft compound yang memang khusus untuk motor harian usia pakainya bisa 8-9 bulan.

Ya, saat ini produsen ban menyediakan ban soft compound untuk dua kebutuhan yaitu untuk kebutuhan balap dan juga untuk kebutuhan harian. Meski khusus diproduksi untuk kebutuhan balap, bukan berarti ban tersebut tidak bisa digunakan harian. Ban tersebut masih bisa digunakan harian, tapi masa pakainya hanya 5-6 bulan saja.

Meski memiliki traksi yang sangat baik, ban soft compound ini akan berkurang cengkraman traksinya seiring dengan pemakaian. Ketika sudah mulai habis, ban soft compound ini akan terasa licin terutama ketika digunakan untuk bermanuver.

Oh ya, ketika kita menggunakan ban soft compound untuk harian terutama menggunakan ban yang khusus untuk balap, kita harus waspada pada pasir yang ada di jalan dan juga air. Pasalnya, meski memiliki traksi yang baik, ban ini memiliki kekurangan saat melewati jalan yang berpasir atau basah. Namun jika jalanan kering dan panas terik, daya cengkram ban ini akan semakin baik.