Foto: Dok. Motorsport.com
0
47

Gaji Quartararo Musim 2023 Tembus Rp161 Miliar

Pembalap MotoGP Fabio Quartararo resmi memperpanjang kontrak kerjanya dengan tim Yamaha Racing hingga musim balap 2024. Pada kontrak kerja barunya tersebut Quartararo yang tergabung dalam tim Monster Energy Yamaha tersebut mendapatkan gaji yang sangat fantastis yaitu mencapai 10 juta euro atau sekitar Rp 161 miliar per tahun.

Sebelum Quartararo menandatangani kontrak barunya ada banyak tim lain yang tertarik untuk meminangnya. Namun angka yang ditawarkan oleh Yamaha Racing untuknya cukup menggiurkan. Gaji yang ditawarkan oleh Yamaha kepada Quartararo melebihi angka yang diterima oleh mantan rekan satu timnya yaitu Maverick Vinales. Vinales saat itu dikontrak oleh Yamaha dengan gaji 6,5 juta euro per tahun atau sekitar Rp 105 miliar.

Kabar mengenai angka gaji yang diterima oleh Quartararo tersebut dikemukakan oleh Anggota Dewan KTM, Hubert Trunkenpolz dimana ia mendapatkan kabar tersebut dari sumber terpercaya. Mendengar hal tersebut Hubert pun kaget, pasalnya dengan krisis ekonomi yang tengah melanda, angka tersebut merupakan angka yang besar untuk sebuah pabrikan.

“Saya juga mendengar jumlah 10 juta ini dan dari sumber yang dapat dipercaya. Pada awalnya saya tidak dapat membayangkan, mengingat situasi ekonomi saat ini sebuah pabrik masih dapat membayar biaya tersebut. Saya pikir tidak ada seorang pun di paddock ini yang mendapat lebih dari 5 atau 6 juta euro (sekitar Rp 80-Rp 97 miliar),” ujar Trunkenpolz.

Namun Trunkenpolz mengatakan jika angka yang dikeluarkan oleh Yamaha untuk Quartararo adalah angka yang pantas. Dengan perpanjangan tersebut pun menjadi strategi yang sangat bagus oleh Yamaha untuk berlaga di musim 2023 mendatang. 

“Strategi cerdas ini sangat masuk akal bagi Yamaha. Karena dengan dia, mereka menang di MotoGP. Saya pikir Fabio Quartararo adalah pembalap terbaik saat ini. Tidak ada yang perlu diperdebatkan. Dia rider yang luar biasa,” katanya.

Rider asal Prancis itu mampu memberikan kemenangan bagi Yamaha pada 2021, walaupun di musim 2022 ia gagal mempertahankan gelar juara usai dikalahkan oleh Francesco Bagnaia. Namun di musim 2023 ini Quartararo diharapkan bisa membawa gelar juara dunia musim 2023 untuk Yamaha.