0
43

KTM RC8C Ludes Dalam Waktu 2 Menit

Pabrikan motor asal austria yaitu KTM baru-baru ini Merilis generasi kedua dari Motor Khusus trek mereka KTM RC 8C. Menariknya KTM menjual motor tersebut dengan model pemesanan online.

Saat penjualan online tersebut, KTM menjual dalam jumlah yang sangat terbatas yaitu hanya sebanyak 200 unit saja dengan harga $59.900 atau sekitar Rp 933 Juta. Ada sebuah hal yang sangat mencengangkan dimana motor khusus trek tersebut ludes hanya dalam hitungan dua menitan saja. 

Lantas apa sih yang spesial dari motor ini hingga bisa ludes hanya dalam hitungan menit? Ya KTM melakukan beberapa penyesuaian pada bagian mesin hingga tenaganya naik 7 hp dari generasi pertama. Ya kini tenaga motor tersebut mencapai 135 hp pada 11.000 rpm sedangkan torsi puncaknya 98 Nm pada 8.250 rpm.

Walau masih menggunakan mesin yang sama seperti generasi pertama yaitu LC8C paralel-twin, tapi ada beberapa penyesuaian pada bagian internal mesin tersebut. Perubahan tersebut meliputi katup titanium baru termasuk juga con-rod, dua ring piston, rasio kompresi yang lebih tinggi, serta throttle body yang lebih besar.

Karena upgrade pada bagian mesin tersebut cukup masif, KTM juga melakukan penyesuaian pada bagian lain yaitu peningkatan preload kopling. Tak hanya itu saja, KTM juga melepas balancer ayas dan melakukan penyetelan pada poros balancer bak mesin. Selain itu ada juga tambahan sistem pendingin oli PANKL untuk membantu stabilitas termal. KTM juga menggunakan sistem knalpot titanium dari Akrapovic.

Untuk mendapatkan handling yang sempurna, KTM menggunakan fork depan berukuran 43mm dari WP APEX PRO 7643 dengan kartrid tertutup dan suspensi APEX PRO 7746 dibagian belakang. KTM menyetelnya lebih lembut untuk mendapatkan rebound dan kepercayaan diri yang baik untuk pembalap.

Bicara soal elektronik, KTM sudah melakukan penyempurnaan terutama pada pengaturan kontrol traksi, pemetaan dan engine brake. Detail motor balap pun bisa ditemui pada motor ini berupa kepala kemudi yang dapat disetel menggunakan offset klem rangkap tiga mesin CNC, respons throttle yang baik dan Level sistem pengereman dari kaliper Brembo Stylema dan master silinder RCS19 Corsa Corta.

Di bagian dashboard kini terdapat layar yang bisa menampilkan data-logger GPS yang bisa menampilkan data rekor putaran sementara. Bagian saklar pun menggunakan spek yang sama seperti KTM RC16 dimana ketika kita menempatkan ibu jari kiri pengendara dalam kendali penuh sementara Tuas kaki kiri, maka akan aktif Sistem Quick Shifter + yang berfungsi Reverse (berkebalikan) yang khas motor balap.

Untuk mendapatkan aerodinamika yang baik, KTM menyematkan paket Aero-winglet baru yang telah direvisi. Downforce yang dihasilkan dari paket aero-winglet baru ini lebih efisien saat pembalap melakukan pengereman dan akselerasi.