0
643

5 Kelebihan Motor CRF 250, Motor Trail yang Irit

Bagi para Gilmoters pencinta touring, saat ini banyak pilihan motor trail yang bisa dipilih. Salah satunya, Gilmoters dapat memilih motor CRF 250 produksi Honda yang memiliki kapasitas mesin 250 cc.

Honda memberikan inovasi pada motor off road atau lebih dikenal dengan motor trail ini untuk para penggunanya. Melalui kapasitas mesin sebesar 250 cc, tentunya performa mesin yang dihasilkan sangat mengesankan.

Berikut ini, Gilmoters akan mengetahui apa saja kelebihan dari salah satu motor trail andalan Honda. Penasaran dengan kelebihannya? Simak artikel berikut ini hingga selesai, ya!

Baca juga: Honda CRF250RALLY Extreme Black Suguhkan Penampilan Motor yang Sangar

Source video by Youtube Otomotif TV

 

5 Kelebihan Motor CRF 250 CC

Selain performa mesinnya, tentu Gilmoters bisa menemukan beberapa kelebihan lain dari CRF kapasitas 250 cc ini. Apa saja kelebihannya?

1. Desain yang Tangguh

Sesuai dengan tujuannya, motor ini memiliki desain yang gagah dan tangguh untuk kelas motor trail. Bahkan desain dari Honda CRF ini dapat dikatakan cukup unik, hingga dapat menarik perhatian dari para pengendara lainnya.

Mulai dari bagian headlamp dengan bentuk seperti kacamata kuda, Beralih ke bagian belakang, Gilmoters akan melihat stop lamp dengan bentuk yang dinamis, beserta speedometer full digital dengan desain modern masa kini.

Bagian depannya pun dilengkapi dengan windshield yang dapat melindungi Gilmoters dari terpaan angin ataupun kerikil. Pada bagian bawahnya, Honda memasang sistem penerangan yang atraktif dengan LED.

 

2. Kenyamanan Pengemudi

Ketika touring, Gilmoters tentu membutuhkan kendaraan yang nyaman untuk dikendarai dalam waktu yang cukup lama. 

Salah satu kenyamanan dalam mengendarai motor dapat Gilmoters rasakan dari bagaimana posisi saat mengemudinya.

Gilmoters tidak perlu meragukan bagaimana kenyamanan saat mengendarai Honda CRF 250 ini. 

Pada kelas motor touring, Gilmoters tidak akan mudah merasa lelah dan tetap merasa nyaman dan jangan lupakan juga handlingnya yang cukup lincah.

Suspensi di bagian depan dengan jenis upside down seakan membuat tampilan CRF menjadi lebih mewah dan juga menambah kenyamanan Gilmoters. 

Sehingga nantinya, Gilmoters dapat melakukan manuver dengan stabil saat mengendarai motor CRF 250.

 

3. Kapasitas Mesin

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kapasitas mesin motor ini sebesar 250 cc dengan menggunakan mesin DOHC, liquid-cooled single-cylinder dengan 1 silinder.

Melalui kapasitas mesin tersebut, maka Honda CRF ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 18,2 kw atau sama dengan 8.500 rpm putaran mesin dan torsinya 22,6 Nm atau setara dengan putaran mesin 6.750 rpm.

Jangan ragukan akselerasi dari motor ini, dengan kapasitas mesin tersebut yang ditransfer ke roda melalui transmisi manual 6 percepatan, membuat Gilmoters dapat dengan mudah melewati jalanan offroad.

 

4. Sistem Pengereman yang Dapat Diandalkan

Motor CRF 250 ini menggunakan cakram dengan model floating dengan ukuran 256mm serta kaliper dual piston di bagian depan.

Selain itu, cakram bergelombang ukuran 220mm dengan kaliper piston tunggal di bagian belakang membuat sistem pengereman motor ini dapat diandalkan.

Melalui perpaduan seluruh komponen tersebut, dapat mendukung performa Gilmoters ketika berkendara dengan motor CRF 250. 

Ditunjang dengan ground clearance hingga 270 mm dan menggunakan ban all-terrain, Honda CRF Rally ini mampu melewati jalanan offroad dengan lancar.

 

5. Bahan Bakar yang Irit

Kelebihan lain yang tidak kalah penting adalah, motor ini dikenal irit dalam penggunaan konsumsi bahan bakar. 

Hal ini dikarenakan, dalam mesin CRF Rally 250 cc ini, Honda sudah memberikan teknologi injeksi bahan bakar throttle body 38 mm.

Sehingga penggunaan bahan bakar pada motor ini dapat dioptimalkan dengan sebaik-baiknya. 

Konsumsi bahan bakarnya diklaim mampu mencapai 33,3 km/liter, sehingga tangki 10,1 liter yang Gilmoters miliki terisi penuh, maka Gilmoters dapat berkendara atau touring dengan nyaman.

Ketika sedang melakukan touring, selain performa mesin dan sistem keselamatan lainnya, salah satu hal yang sangat dibutuhkan dan dicari para Gilmoters adalah konsumsi bahan bakar yang hemat.

Akan lebih nyaman jika Gilmoters dapat touring dengan nyaman tanpa perlu sedikit demi sedikit pergi untuk mengisi bahan bakar. Lalu, bagaimana cara agar motor touring yang Gilmoters gunakan dapat lebih hemat bahan bakar?

Baca juga Honda CRF250 Rally dan Kawasaki Versys X-250 Lawan Imbang Motor Adventure 250cc

 

3 Cara Membuat Motor CRF 250 Irit Bahan Bakar

Pada dasarnya, motor trail adalah kendaraan roda dua yang dikenal cukup menghabiskan banyak bahan bakar. 

Karena pada motor jenis ini, mesin bekerja pada putaran yang rendah sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih banyak digunakan dibandingkan motor untuk sehari-hari.

Meskipun saat ini beberapa motor telah diatur pabrik agar tidak banyak mengkonsumsi bahan bakar seperti Honda CRF, namun terdapat cara lain untuk membuat motor kesayangan menjadi lebih irit atau tidak boros bahan bakar.

 

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Gilmoters terapkan untuk membuat motor CRF 250 lebih irit bahan bakar, yaitu:

1. Merapatkan Katup

Salah satu cara yang bisa Gilmoters gunakan, adalah dengan mengatur kerapatan katup atau valve, atau istilah yang lebih familiar yaitu klep. 

Komponen ini memiliki fungsi untuk mengatur campuran udara dan bahan bakar yang dibakar dalam ruang bakar mesin.

Jika Gilmoters mengatur bagian ini menjadi lebih rapat, maka bahan bakar yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai pengaturan katupnya yang terlalu rapat.

Hal tersebut dapat menyebabkan motor Gilmoters menjadi tidak bertenaga. Sehingga  Gilmoters dapat mengaturnya dalam posisi yang ideal, dan hal ini berlaku untuk motor trail 4 tak saja, ya.

 

2. Merapatkan Karburator

Bagian karburator berguna untuk menampung bahan bakar sebelum masuk ke ruang pembakaran. Pelampung karburator memiliki fungsi untuk mengatur seberapa banyak jumlah bensin yang masuk ke dalam reservoir.

Pada bagian pelampung karburator tersebut, Gilmoters perlu melakukan pengaturan agar motor menjadi lebih irit bahan bakar. Caranya adalah dengan mengatur pelampung agar memiliki ruang yang lebih sempit.

Gilmoters dapat menurunkan pelampung karburator sejauh 1-2 mm saja. Sama seperti katup, jika Gilmoters mengaturnya terlalu sempit, maka mesin motor Gilmoters dapat kekurangan pasokan bensin, dan jika terlalu lebar maka bahan bakar akan boros.

Jika semakin sempit ruang yang diciptakan oleh pelampung, maka bahan bakar yang masuk juga akan menjadi semakin sedikit. Sehingga motor Gilmoters tentunya juga akan semakin irit pemakaian bahan bakar.

 

3. Pengaturan Tarikan Gas

Cara selanjutnya, Gilmoters tidak disarankan untuk terlalu menarik gas secara mendadak. Hal tersebut dikarenakan, jika gas pada motor ditarik secara mendadak membuat bahan bakar yang masuk ke dalam proses pembakaran menjadi semakin banyak.

Sebaiknya Gilmoters dapat melakukan tarikan gas secara bertahap. Sehingga motor trail yang Gilmoters gunakan akan menjadi lebih hemat bahan bakar.

Ketiga cara ini dapat Gilmoters terapkan untuk membuat motor menjadi lebih hemat pemakaian bahan bakar. 

Meskipun saat ini beberapa motor trail telah dirancang lebih irit penggunaan bahan bakar, namun tidak ada salahnya untuk mencoba, bukan?

 

Tentu akan lebih menyenangkan jika Gilmoters memiliki motor CRF 250 yang irit penggunaan bahan bakarnya, sehingga touring akan menjadi lebih nyaman. Semoga informasi ini dapat membantu Gilmoters, ya. Temukan juga informasi menarik seputar otomotif lainnya di situs Gila Motor.