Dok. Foto: Unsplash
0
213

5 Tips Aman Meninggalkan Motor saat Mudik

Meninggalkan kendaraan saat mudik, perlu persiapan baik. Seperti kita ketahui, sebentar lagi umat muslim agar merayakan Idul Fitri 2023.

Di Indonesia, ada tradisi mudik saat perayaan hari besar. Lamanya mudik ini biasanya tergantung jauhnya tempat tujuan mudik.

Nah, biasanya rumah dan kendaraan akan ditinggalkan tanpa penjagaan saat mudik. Untuk meninggalkan motor sendiri ada tipsnya.

Berikut tips meninggalkan motor saat mudik:

1. Kosongkan bensin di tangki motor

Mengosongkan tangki bensin ini penting karena jika ditinggalkan dalam waktu lama bensin bisa basi. Selain itu, mengosongkan bensin juga mencegah kebakaran.

Selain itu, motor yang tak ada bensinnya akan mempersulit pencuri. Ini bisa jadi salah satu langkah preventif untuk menghindari kasus pencurian.

2. Lepas aki motor

Motor yang ditinggal mudik lama bisa bermasalah di kelistrikannya karena tak dipanasi. Untuk mengatasi hal ini, lebih baik melepas akinya terlebih dahulu saat mudik. Apalagi pada motor berusia tua, sangat berisiko jika tak pernah dipanasi.

3. Ganti oli mesin

Sebelum ditinggal mudik, pastika motor dalam keadaan baik dengan melakukan perawatan terlebih dahulu. Salah satunya adalah dengan mengganti oli. Hal ini juga agar motor mudah dihidupkan saat pulang dari mudik.

4. Kunci stang

Untuk keamanannya, jangan lupa mengunci stang motor meski sudah diletakkan di tempat aman. Perlu diingat, pencurian di masa mudik lebaran biasanya memang tinggi.

Agar lebih aman, jangan letakkan motor di garasi. Letakkan motor di dalam rumah karena akan mempersulit pencuri untuk mengambilnya.

5. Jangan lupa standar tengah motor

Meninggalkan motor dalam waktu lama bisa membuat ban motor kempes jika hanya di standar samping. Untuk itu, disarankan untuk menggunakan centre stand atau standar tengah.

Itu dia beberapa tips meninggalkan motor saat mudik. Semoga bermanfaat.