Dok. Foto: Adventure Motorcycling Handbook
0
528

Tanda-tanda Pelek Motor Harus Diganti

Pelek adalah komponen pada sepeda motor tempat menempelnya ban dan menempelnya jari-jari roda. Karena inilah, pelek merupakan salah satu komponen yang penting pada sepeda motor.

Ketika terjadi masalah pada pelek, pastinya bisa berdampak pada sepeda motor. Bahkan, pelek yang bermasalah bisa membahayakan pengendara.

Untuk itu, pemilik sepeda motor sebaiknya tahu ciri-ciri pelek sepeda motor sudah saatnya diganti. Berikut beberapa ciri-cirinya:

1. Ban mudah bocor

Pelek yang mengalami masalah biasanya akan membuat ban sepeda motor mudah bocor. Jika ban sepeda motor Anda cepat bocor, kondisi pelek patut dicurigai, segera bertanya ke bengkel apakah perlu diganti atau tidak.

2. Pelek berkarat dan keropos

Pelek yang sudah berkarat dan keropos juga perlu diganti. Pelek yang kondisinya sudah berkarat dan keropos ini akan mudah membuat kebocoran ban hingga bagian karet ban sobek.

Pasalnya, biasanya jari-jari pada pelek akan ikutan berkarat sehingga berpotensi merusak ban.

3. Pelek peyang atau penyok

Pelek peyang atau penyok tentu saja bisa berbahaya bagi pengendara motor. Sebenarnya ada pilihan jika tak ingin segera mengganti, pelek peyang atau penyok bisa diperbaiki di bengkel press. Intinya, jika pelek Anda peyang atau penyok jangan dibiarkan saja.

Agar pelek awet, jangan lupa untuk merawatnya. Ada beberapa tips untuk merawat pelek agar tetap awet.

Pastikan kebersihannya, hindari jalan jelek atau berlubang, pastikan ukuran ban dan ukuran pelek sesuai, dan jangan lupa tekanan udara ban jangan jangan kurang atau berlebih.